Bupati Karo Siap Jalankan Arahan Presiden Jokowi Soal Inflasi

oleh -2.723 Kali Dibaca
BupatiKaro Terkelin Brahmana menghadiri Rakornis TPID yang dibuka Presiden Joko Widodo di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis 26 Juli 2018. [Foto Ist]

RIENEWS.COMBupati Karo Terkelin Brahmana selaku Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menegaskan siap menjalankan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengendalikan inflasi di daerah Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Penegasan itu disampaikan Bupati Karo di sela-sela mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Tim Pengendali Inflasi Daerah (Rakornis TPID) yang dibuka oleh Presiden Jokowi di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis 26 Juli 2018.

Rakornis TPID dengan tema; Mempercepat Pembangunan Infrastuktur Untuk Mewujudkan Stabilitas Harga dan Mendorong Momentum Pertumbuhan Ekonomi yang inklusif serta Berkualitas, dihadiri oleh kepala daerah se-Indonesia.

Inflasi merupakan suatu keadaan perekonomian di mana harga-harga secara umum mengalami kenaikan dalam waktu yang panjang. Kenaikan harga yang bersifat sementara tidak dianggap sebagai inflasi, karena di saat tidak lama harga-harga dapat turun kembali.

Baca Berita: Pembangunan Rumah Korban Bencana Erupsi Sinabung Mangkrak

Berita Populer: Pj Gubernur Sumut Kumpulkan 8 Bupati Kawasan Danau Toba

Inflasi dapat terjadi karena jumlah uang beredar lebih banyak daripada yang dibutuhkan.

Inflasi merupakan suatu gejala ekonomi yang tidak pernah dapat dihilangkan dengan tuntas.

Usaha-usaha yang dilakukan biasanya hanya sampai sebatas mengurangi dan mengendalikannya.

“Saya selaku Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah akan terus mengikuti perkembangan arah perekonomian seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo dalam  kesempatan tadi. Di mana penekanannya, mengajak seluruh kepala daerah se-Indonesia selaku Ketua TPID untuk di daerahnya masing-masing mengawasi perkembangan inflasi,” ujar Bupati Karo didampingi Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi dan Kabag Perekonomian Topan Daniel.

Dikatakan Terkelin,  Pemkab Karo berupaya terus memonitor dan menjaga keseimbangan agar tidak  terjadi inflasi.

“Dan cara menekan inflasi sudah ada rumusannya,” tegas Bupati Karo.

Dalam mengatasi masalah inflasi, menurut Bupati Karo, dibutuhkan kebijakan yang tepat.

“Kebijakan yang bisa diambil untuk mengatasi masalah inflasi ada tiga yaitu, kebijakan moneter, kebijakan fiskal, dan kebijakan lainnya,” pungkas Terkelin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *