Dansatgas Penanganan Sinabung Sidak Galian C di Zona Merah

oleh -3.263 Kali Dibaca
Komandan Satuan Tugas Penanangan Bencanan Sinabung, Dandim 0205/TK Letkol Inf. Taufik Rizal Batubara (kiri) meninjau lokasi galian C di area zona merah Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis 19 Juli 2018. [Foto Rienews.com]

RIENEWS.COM Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Penanganan Bencana Gunung Sinabung, Dandim 0205/TK Letkol Inf . Taufik Rizal Batubara meninjau langsung lokasi zona merah kawasan Gunung Sinabung, menjadi lokasi galian C.

Di dua lokasi masuk area zona merah, Letkol Inf. Taufik Rizal Batubara dan Camat Payung Jepta Tarigan menemukan praktik galian C berlangsung.

Galian C diyakini sudah lama berlangsung dan mengancam keberlangsung lingkungan hidup dan ekosistem di kawasan tersebut.

Letkol Inf. Taufik Rizal mempertanyakan praktik galian C kepada Camat Payung. “Kegiatan tambang galian C ini apakah tidak dimarahi warga sekitar, apakah warga setuju dengan adanya kegiatan tambang galian C di kampung mereka,” kata  Letkol Inf Taufik Rizal Batubara.

Diungkapkan Camat Payung Jepta Tarigan, kegiatan galian C diketahui masyrakat sekitar.

Aktivitas galian C di lokasi kawasan zona merah Gunung Sinabung, Kamis 19 Juli 2018. [Foto Rienews.com]
Berita Terkait: Terkelin Brahmana Kecewa Galian C Beroperasi Dalam Zona Merah Sinabung

Berita Populer: Kena OTT KPK, Segini Harta Kekayaan Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap

“Masyarakat sekitar atau pemuda setempat juga dipekerjakan di galian C ini, dan mereka juga mendapat manfaat atas tambang ini. Soal izinnya, pegusaha tambang sudah memilikinya. Semua dari pusat, seperti izin galian, hingga sampai izin dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) soal kordinat zona merah Gunung Sinabung,” ujar Jepta Tarigan.

Pengusaha galian C juga menunjukkan bukti izin pertambangan, galian C yang mereka miliki kepada Dansatgas Penanganan Bencana Sinabung Letkol Inf. Taufik Rizal Batubara.

Lokasi galian C di antaranya di Desa Mardinding, Kecamatan Mardinding, digerakkan pengusaha maupun perorangan. Lokasi galian C ini menjadi sumber matapencaharian warga di sekitar.

Dalam peninjauan itu, Dansatgas Penanganan Bencana Sinabung berpesan kepada para pekerja agar berhati-hati.

“Karena keselamatan itu sangat penting, dan nyawa sangat berharga dibandingkan dengan apa yang kita cari atau miliki. Nyawa tidak ada tandingannya,” kata Letkol Inf. Taufik Rizal Batubara.

Dansatgas bersama Pasi Intel Kapten Inf Gandhi, Danramil Simpang Empat Kapten Kav.  J. Surbakti, dan Letda Inf. Muktar, melanjutkan peninjauan lokasi galian C lainnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *