Hari Ini Kota Bitung dan Poso Diguncang Lindu Hingga 6,1 SR

oleh -1.569 Kali Dibaca
Episenter gempa 6,1 SR di wilayah laut di sebelah timur Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, Minggu 24 Maret 2019, pukul 11.37 WIB. [Foto BMKG | Rienews]

RIENEWS.COM – Kota Bitung di Provinsi Sulawesi Utara, Minggu 24 Maret 2019, diguncang lindu berkekuatan 6,3 skala richter. Lindu juga mengguncang Kabupaten Poso di Provinsi Sulawesi Tengah dengan kekuatan 5,7 SR. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan belum ada laporan korban jiwa dalam bencana gempa bumi di Kota Bitung.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika) Rahmat Triyono dalam siaran persnya, Minggu 24 Maret 2019, di laman BMKG, menjelaskan, gempa yang terjadi di Kota Bitung, Sulawesi Utara, pukul 11.37 WIB, terjadi di wilayah laut di sebelah timur Kota Bitung.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=6,3 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi Mw=6,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,71 LU dan 126,36 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 133 km arah timur Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara pada kedalaman 46 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi/penyesaran dalam Lempeng Laut Maluku.

Baca Berita: Wabup Karo Hadiri Apel Pasukan Operasi Mantap Brata 2019

“Patut disyukuri bahwa meskipun pusat gempa berada di laut, gempa bumi ini kekuatannya tidak cukup besar sehingga tidak berpotensi tsunami,” kata Rahmat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa dirasakan sebagian warga.

Baca Berita: Bupati Karo Takjub Hasil Padi Sistem ZBNF di Kota Andhra Pradesh

“Gempa dirasakan lemah di Kabupaten Kepulauan Sangihe selama 1-5 detik dan warga tidak panik, beraktivitas normal. Gempa di rasakan lemah di Kota. Bitung. BPBD masih melakukan pemantauan. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan korban jiwa,” ujar Sutopo.

Sementara itu, gempa 5,7 SR melanda Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, terjadi sekitar pukul 08.32 WIB. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,78 LS dan 120,55 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 48 km arah barat daya Kota Poso, Kabupaten Poso, pada kedalaman 39 km.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault).

“Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Poso IV MMI, Palu dan Malili III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” tegas Rahmat. (Rep-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *