Jalan Penghubung Desa Rusak, Para Nande Ajak Bupati Karo Tinjau ke Lokasi

oleh -731 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama para emak-emak menggunakan kendaraan bak terbuka meninjau jalan rusak. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Para nande-nande (sebutan untuk emak—emak di Karo) dari dua desa di Kecamatan Tigapanah di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengajak Bupati Karo Terkelin Brahmana meninjau ke lokasi jalan rusak. Jalan ini sebagai akses penghubung antara Desa Singa dengan Desa Kubu Simbelang.

Dengan senang hati Bupati Karo Terkelin Brahmana mengikuti ajakan para nande-nande meninjau ke lokasi jalan rusak. Terkelin Brahmana tampak menikmati perjalanan menuju ke lokasi jalan rusak bersama para nande-nande dengan menggunakan mobil bak terbuka, pada Sabtu pagi, 14 Maret  2020.

Peninjauan jalan rusak, jalan penghubung Desa Singa dan Desa Kubu Simbelang turut diikuti Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi, Kepala Dinas PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Kepala Bidang Bina Marga Hendra Mitcon Purba, Kepala Bidang Bappeda Efanlit, dan Sekretaris Kecamatan Tiga panah Elisa Ginting beserta Kepala Desa Singa Abel Ginting dan Kepala Desa Kubu Simbelang Rahmat Ginting.

Ketua Runggun GBKP Desa Kubu Simbelang, Nomi br Tarigan bergembira dengan kesediaan Bupati Karo meninjau kondisi jalan di desa mereka. Lantas, mereka pun mengajak serta Terkelin Brahmana turut ke lokasi dengan menggunakan mobil bak terbuka.

Baca Berita: 

Menteri Luhut Perintahkan Segera Benahi Pariwisata Kabupaten Karo

PT Bank Sumut Sepakat Rencana Pembangunan Tugu Batu Sinabung

“Kami nande-nande mengajaknya naik kendaraan untuk  bersama-sama meninjau ke lokasi jalan yang rusak,” ungkap Naomi.

Kepala Desa Kubu Simbelang, Rahmat Ginting  mengungkapkan jalan penghubung Desa Kubu Simbelang dengan Desa Singa sepanjangan 2,5 kilometer, terdapat dua titik kerusakan yang cukup parah.

Setelah melihat langsung kondisi jalan yang rusak, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengakui ada dua titik kerusakan di jalan penghubung Desa Singa dengan Desa Kubu Simbelang yang harus segera dilakukan perbaikan. Di saat itu juga, Bupati Karo memerintahkan kepada Dinas PUPR Karo untuk memperbaiki jalan.

“Saat ini juga kita instruksikan Dinas PUPR agar untuk sementara timbun dulu dengan pasir dan batu,” kata Terkelin.

Proses penimbunan yang segera dilakukan itu, sebut Terkelin, mengingat masyarakat membutuhkan akses jalan tersebut untuk beraktivitas dan juga mengantar anak mereka ke sekolah.

Kepala Desa Kubu Simbelang dan Kepala Desa Singa akan menindaklanjuti saran Bupati Karo untuk perlebaran jalan antar desa tersebut.

“Kami sepakat bersama Kades Singa akan kita tingkatkan pelebaran jalan ini. Menurut Bupati tadi harus ada pembebasan lahan. Ini tentu, kami dua desa akan berusaha untuk ke situ kedepannya,” ujar Kepala Desa Kubu Simbelang Rahmat Ginting.

Sementara Kepala Desa Singa Abel Ginting menyatakan akan segera mengajak warga desanya untuk membahas pembebasan lahan untuk pelebaran jalan antar desa tersebut.

“Sesuai saran Bupati, ke depan kami akan konsolidasi dan membahas pembebasan lahan dengan masyarakat kedua desa, sesuai kearifan lokal budaya Karo,” imbuhnya.

Merespons perintah Bupati Karo, Kepala Dinas PUPR Karo Edward Pontianus Sinulingga langsung mengerahkan tiga truk bermuatan pasir dan batu untuk menimbun jalan yang rusak. (Rep-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *