Kanit II Narkoba Polres Tanah Karo Meninggal Usai Bekuk ‘BD’ Shabu

oleh -7.023 Kali Dibaca
Kanit II Satuan Reserse Narkoba, Aipda Hasmion Sembiring Milala. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Polres Tanah Karo berduka atas meninggalnya personel terbaik, Kanit II Satuan Reserse Narkoba, Aipda Hasmion Sembiring Milala (46 tahun), Jumat 28 Juni 2019, sekitar pukul 18.00 WIB. Aipda Hasmion, meninggal dunia saat memimpin operasi penangkapan terhadap Pijay Sinulingga (35 tahun), tersangka  pengedar shabu, masuk dalam daftar pencarian orang.

Tersangka Pijay berhasil dibekuk tim yang dipimpin Aipda Mion di Desa Keriahen, Kecamatan Juhar. Aipda Mion, sapaan akrab Hasmion sempat berkelahi dengan tersangka yang melakukan perlawanaan dan berusaha kabur dari sergapan polisi. Upaya Pijay berhasil digagalkan Aipda Hasmion.

Dalam perjalanan menuju ke Polres Tanah Karo, Aipda Hasmion mengeluh sakit dan meninggal saat menjalani perawatan di Puskesmas Tiga Binanga.

Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu mengatakan bahwa almarhum Aipda Hasmion Milala merupakan personel berprestasi dalam mengungkap tindak pidana narkotika.

Kapolres menyebutkan, prestasi almarhum selama bertugas berhasil mengungkap  kasus shabu dengan berat 9 kilogram di Merek (April 2019), kasus shabu dengan berat 28 gram di Desa Bintang Meriah (Februari 2019), tindak pidana narkotika jenis sabu dengan berat 30 gram di Berastagi (Maret 2019), juga pengungkapan kasus shabu 850 gram di Berastagi (Juni 2019).

Kasat Narkoba Polres Tanah Karo, AKP Sopar Budiman membenarkan Aipda Hasmion dan sejumlah personel melakukan operasi penangkapan terhadap Pijai di Desa Keriahen.

Baca Berita:

Harganas, Bupati: Hari Kesadaran Membangun Keluarga Bahagia

Gapeksindo akan Mengawasi Pembangunan Infrastruktur di Karo

“Tersangka berusaha melarikan diri dan melawan petugas. Sehingga terjadi pergumulan dengan petugas. Setelah tersangka berhasil diamankan, dilakukan penggeledahan, dan ditemukan barang bukti narkotika jenis sabu dengan berat sekitar 1 gram. Saat itu juga personil Satres Narkoba kembali menuju ke Mako Polres Tanah Karo,” ujar AKP Sopar Budiman, Sabtu 29 Juni 2019.

Setibanya di  jalan Desa Keriahen, Kanit II Satres Narkoba Aipda Hasmion Milala, sebut AKP Sopar, mengalami sakit pada bagian rusuk sebelah kanan.

“Kemudian personil Satres Narkoba menitipkan tersangka ke Polsek Tiga Binanga, dan segera melarikan Aipda Hasmion ke Puskesmas Tiga Binanga,” kata Sopar.

“Setelah ditangani pihak medis sekitar satu jam lamanya, sekitar  pukul 18.15 WIB, Aipda Hasmion meninggal dunia. Selanjutnya korban langsung dibawa ke rumah duka, di Simpang Nang Belawan, Kecamatan Simpang Empat,” ujar Kasat Narkoba Polres Tanah Karo.

Sopar mengatakan bahwa saat ini seluruh jajaran Polres Tanah Karo dalam keadaan berduka.

“Kita kehilangan personel terbaik. Kiranya Tuhan menerima sahabat kita di sisi-NYA,” kata Sopar.

Mengenai tersangka Pijay, Kasat Narkoba menegaskan, tetap dilakukan proses hukum.

“Untuk tersangka, pasal yang kita sangkakan kepadanya, pasal 114 ayat 1, dan 112 ayat 1 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara,” pungkas Sopar.

Aipda Hasmion dikenal akrab dengan wartawan di Kabupaten Karo.

“Aipda Hasmion, sosok yang baik dan suka menolong. Kami merasa kehilangan Bang Mion. Selama jalan Bang,” ungkap seorang wartawan. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *