Kapolda Sumut Akan Beri Reward Kepada Aiptu Basmi Ginting

oleh -716 Kali Dibaca
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R. Hutajulu dan Wakil Bupati Karo corry Sebayang menjenguk Aiptu Basmi Ginting, di RSU Kabanjahe, Rabu 19 Februari 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM –  Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin menegaskan agar personel Polri di jajaran Polda Sumatera Utara tidak ragu mengambil tindakan tegas, tepat, dan terukur kepada tersangka kejahatan yang mengancam keselamatan personel Polri dan orang lain.

Hal ini disampaikan Kapolda Sumut saat menjenguk Kanit II Satres Narkoba Polres Tanah Karo, Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) Basmi Ginting di Rumah Sakit Umum Kabanjahe, Rabu 19 Februari 2020. Aiptu Basmi Ginting harus dirawat di rumah sakit akibat menderita luka bacok di bagian pundak kiri saat menangkap tersangka narkoba, Jeri Nando Ginting (36 tahun), pada Sabtu sore, 15 Februari 2020.

Simak Berita: Bacok Polisi Yang Menyergap, Bandar Shabu di Barusjahe Tewas Ditembak

“Saya sudah perintahkan agar anggota tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugas bertindak tegas, tepat dan terukur kepada para pelaku yang mengancam keselamatan jiwa petugas atau orang lain,” kata Irjen Martuani Sormin didamping Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R. Hutajulu dan Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang.

Pembacokan yang dilakukan tersangka narkoba, Jeri Nando Ginting terhadap Aiptu Basmi Ginting, dinilai Kapolda, sebagai bukti kerawanan narkoba di Kabupaten Karo dan pelakunya tidak segan-segan untuk melukai petugas.

Baca Berita: 

Pemkab Karo Berduka, Kadis PPPA Meninggal Dunia

Usai Masa Observasi, 5 TKA Tiongkok Dinyatakan Negatif Virus Corona

Dalam mengatasi kerawanan narkoba di Kabupaten Karo, Kapolda akan mengajak unsur masyarakat Karo berdialog.

“Kita harus ketemu dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda Karo. Mengingat bahaya narkotika di Tanah Karo, kalau menurut saya sudah pada tingkat darurat. Sehingga kita perlu bicara untuk menjaga generasi muda dan masyarakat Tanah Karo dari bahaya penyalahgunaan narkotika,” tegasnya.

Kapolda mengungkapkan kedatangannya ke Kabupaten Karo untuk menjenguk Aiptu Basmi Ginting sekaligus memberikan semangat.

“Ini risiko jadi penegak hukum. Semua pekerjaan juga ada risiko. Akibat perlawanan dari pelaku, anggota kami terluka dan sekarang sedang dirawat. Saya datang ke sini (RSU Kabanjahe) untuk memastikan bahwa dia memang mendapat perawatan dan memberikan semangat,” kata Irjen Martuani Sormin.

Kapolda mengungkapkan akan mengusulkan agar Aiptu Basmi Ginting mendapatkan penghargaan kenaikan pangkat luar biasa (KLPB).

“Jadi, kalau dia melaksanakan tugas yang melebihi pelaksanaan tugas biasa, saya bisa mengusulkan untuk KPLB,” imbuh Kapolda.

Sementara itu Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty  Sebayang merespons rencana dialog yang digagas Kapolda Sumut dalam upaya pencegahan kerawanan narkoba di Kabupaten Karo.

“Rencana disampaikan Bapak Kapoldasu sangat kita apresiasi. Semua unsur baik TNI/Polri dan masyarakat dapat bersama sama memberantas narkoba,” katanya.

Aiptu Basmi Ginting mengaku kedatangan Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin menjenguknya, memberikan semangat dan motivasi.

“Terima kasih atas kunjungan Bapak Kapolda, ini menjadi motivasi dan semangat bagi saya,” kata Aiptu Basmi Ginting yang kini dirawat di ruang VIP RSU Kabanjahe. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *