Kreativitas Duo Alumni IPB Bikin Air Terjun Sikulikap Kian Asri

oleh -1.760 Kali Dibaca
Pintu masuk wisata Air Terjun Sikulikap (Air Terjun Sampuren Sikulikap) di Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Kreativitas duo pemuda Karo alumni Institut Pertanian Bogor (IPB), Ardian Surbakti dan Kristian Ginting patut diapresiasi. Berkat kepedulian dan keterampilan mereka, kini Daerah Kawasan Wisata (DKW) Air Terjun Sikulikap, juga disebut Air Terjun Sampuren Sikulikap, kian menawan. Objek wisata yang berada di area Taman Hutan Raya Bukit Barisan (Tahura BB) di Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, patut Anda kunjungi bersama orang-orang yang Anda sayangi.

Di spot destinasi ini, pengunjung disuguhi panorama rimba beserta flora dan fauna yang memantik daya tarik.

Perhatian Ardian dan Kristian pada kondisi objek wisata Air Terjun Sikulikap bermula dari keprihatinan objek wisata tersebut.

“Dari pintu masuk hingga lokasi Air Terjun Sikulikap sudah sangat berantakan,” kata Ardian dan Kristian kepada wartawan, Jumat 22 Maret 2019, di lokasi Air Terjun Sikulikap.

Menyadari  potensi wisata rimba di kawasan Air Terjun Sikulikap yang layak untuk ditonjolkan, mereka pun berinisiatif untuk melakukan pembenahan. Inisiatif kedua pemuda Karo ini terwujud dalam kerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tahura Bukit Barisan, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara.

Baca Berita: Ini Saran Pakar Geologi UGM Cegah Longsor Susulan di Bantul

Berita Pariwisata Karo Klik Di Sini

“Binatang seperti ular dan monyet liar menjadi tantangan ketika mulai pembabatan pembukaan jalan,” ungkap kedua pemuda.

Tantangan itu tak menyurutkan keduanya. Mereka terus melakukan pembersihan dan pembenahan kawasan Air Terjun Sikulikap. Keduanya juga mendirikan gapura, bangunan dengan menggunakan material bangunan alami, berupa kayu, ijuk, tepas, dan material berbahan alam lainnya. Hasilnya, pengunjung akan lebih nyaman mengunjungi wisata Air Terjun Sikulikap.

“Kalau dirias begini, kami yakin tidak akan mengecewakan turis,” kata Ardian.

Ardian dan Kristian bertekad mewujudkan wisata rimba kawasan Air Terjun Sikulikap menjadi salah satu lokasi wisata andalan di Tanah Karo Simalem. Tentunya, mewujudkan niatan itu, keduanya masih meneruskan pembenahan.

“Memang masih dalam tahap pengerjaan lanjutan, tetapi saat ini juga sudah cukup indah. Kami berupaya lebih baik dari sebelumnya. Baik itu dari mekanisme dan tata kelola. Masih gratis, silakan datang berkunjung. Kami yakin pengunjung akan berdecak kagum melihat asrinya hutan, berpacu dengan kicauan burung, dan suasana Air Terjun Sampuren Sikulikap. Flora dan fauna menarik perhatian para wisatawan baik lokal dan mancanegara,” imbuh keduanya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *