Pedagang Dukung Satpol PP Tertibkan PKL di Kota Wisata

oleh -2.169 Kali Dibaca
Personel Satpol PP Karo melancarkan penertiban terhadap PKL pakaian bekas.[Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali melancarkan penertiban terhadap pedagang kaki lima (PKL) di kota wisata, Berastagi.

Penertiban dilakukan di sejumlah lokasi PKL dari kawasan Ibukota Kabupaten Karo, Kabanjahe hingga kota wisata Berastagi.

“Kalau penertiban itu kita setiap saat melakukan penertiban, kebetulan kemarin itu kita melakukan penertiban di Kabanjahe dan berakhir di Berastagi,” ujar Danru   Satpol PP E. Purba, Kamis 13 September 2018.

Disebutkan E. Purba, masih banyak PKL yang nekat menggelar lapak dagangannya di kawasan terminal. Para pedagang, kata E. Purba, lebih memilih berdagang di lokasi tersebut, dengan alasan pembeli.

Baca Berita: Wisatawan Kembali Diingatkan Larangan Zona Merah Sinabung

Bagi PKL, kata dia, disediakan lapak untuk berdagang di teras, beranda rumah warga, tapi PKL menggelar dagangan di lokasi terminal.

“Itu ada beberapa indikasi, ada yang katanya karena tidak laku, pindah ke Terminal ini,” ujar Danru Satpol PP, E. Purba.

Satpol PP Kabupaten Karo tidak memberikan toleransi kepada PKL yang tetap membandel. Tindakan penertiban yang dilakukan Satpol PP berdasarkan Peraturan Daerah mengenai K3.

Upaya penertiban Satpol PP terhadap PKL didukung pedagang yang berada di lokasi pasar (Pajak) tingkat Jalan Pengasilan, Berastagi.

“Kami pedagang yang berada di pajak tingkat ini sangat mendukung atas kinerja Satpol PP ini, apa lagi setiap hari di tertibkan pedagang monza yang berada di terminal itu.  Soalnya kalau mereka dibiarkan berjualan di terminal, otomatis kami di pajak tingkat ini tidak laku lagi. Karena pembeli sudah duluan melihat di depan sana dari kami yang berada di belakang ini,” ungkap pedagang bermarga N. Br Saragih.

Ditegaskan br Saragih, pedagang yang menyewa kios, lapak, di pajak tingkat mengapresiasi kinerja Satpol PP.

“Kami sangat mengaprisiasi kinerja Satpol PP. Terus-menerus dijaga, ditertibkan pedagang kaki lima yang membandel itu,” pungkas Saragih. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *