Pemkab Karo Mulai Salurkan Bantuan Sembako Bagi Warga Terdampak Covid 19

oleh -203 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana melepas truk pengangkut bantuan sembako bagi warga terdampak Covid-19. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Karo mulai menyalurkan bantuan sembako bagi masyarakat terdampak virus corona (Covid-19). Secara simbolis, penyaluran bantuan sembako dari APBD Karo Tahun 2020, diserahkan Bupati Karo Terkelin Brahmana kepada 6.144 kepala keluarga (KK) di Kantor Camat Berastagi, Rabu 13 Mei 2020.

Terkelin Brahmana menegaskan kepada para kepala desa agar menyalurkan bantuan sembako dengan tepat sasaran.

“Bantuan sembako yang akan disalurkan ini khusus Kecamatan Berastagi sebanyak 6.144 KK kiranya tepat sasaran, tepat guna dan tepat waktu. Di samping itu  tidak ada  dipungut bayaran sepeserpun. Ingat tidak ada kutipan, jangan menimbulkan  masalah hukum,” tegas Terkelin.

Bupati Karo mengingatkan para kepala desa dan kelurahan koordinasi dengan pemerintah dalam pendataan.

“Agar penerima manfaat  tepat sasaran, kadang kerap muncul dikemudian hari ada riak-riak dari masyarakat itu sendiri  mengatakan bantuan yang  diberikan pemerintah bagi orang yang memiliki banyak uang. Kades dan kelurahan sebagai ujung tombak pendataan agar perlu mengantisipasi, ikut sertakan pihak-pihak yang dianggap perlu demi menjaga penyimpangan,” tegasnya.

Baca Berita: 

Tidak Pakai Masker, Pengunjung Pusat Pasar Kabanjahe Dilarang Masuk

Pangdam I/BB Apresiasi Warga Desa Karo Dalam Mencegah Virus Corona

Camat Berastagi Mirton Ketaren mengatakan bantuan sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 tersebar di 10 keluarhan/desa. Dengan rincian, Gundaling I 935 KK, Gundaling II 399 KK, Tambak Lau mulgap I 290 KK, Tambak Lau Mulgap II 355 KK, Raya 427 KK, Gurusinga 846 KK, Rumah Berastagi 1.395 KK, Sempajaya 1.042 KK, Lau Gumba 241 KK dan Daulu 214 KK.

“Jadi total keseluruhan 6.144 KK,” kata Mirton.

Warga penerima bantun sembako ini merupakan penerima di luar data warga penerima PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), BST (Bantuan Sosial Tunai), BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana desa, Kartu Pra Kerja, PNS, TNI, POLRI, pensiunan, kepala desa, perangkat desa dan BPD (Badan Permusyarawatan Desa).

42.699 KK Dapatkan Bantuan Pemprov Sumut

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Karo Benyamin Sukatendel menyatakan sebanyak 42.699 KK di Kabupaten Karo akan mendapatkan bantuan sembako dari Pemerintah Provinsi  Sumatera Utara (Pemprov Sumut).

Hal ini disampaikan Benyamin setelah menerima surat dari Pemprov Sumut Nomor : 104/GTCOVID – 19/V/2020 Tanggal 11 Mei 2020.

“Dalam surat, disebutkan bagi kabupaten /kota ditawarkan dua opsi untuk penyaluran bantuan, berupa bantuan pangan sembako dan bantuan uang tunai Rp225.000/KK,” kata Benyamin.

Pemda Karo, kata Benyamin, meminta Pemprov Sumut agar mengirimkan dalam bentuk bantuan pangan sembako untuk 42.699 KK, dengan item sembako yang akan dikirimkan tetap berpedoman nilai jumlah uang seebsar Rp 225.000/KK .

Dijelaskannya, dari koordinasi bantuan pangan sembako, bakal akan disalurkan berupa beras IR-64/sejenis 10 Kg, Minyak goreng 2 Liter, Gula pasir 1 Kg dan Mie Instan 20 bungkus.

Benyamin menyebutkan, Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial sebesar Rp600 tibu/KK telah disalurkan kepada penerima sebanyak 16.817 KK sejak Senin 11 Mei 2020.

“Untuk bantuan BST dari dana Kemensos RI sebesar Rp600/bulan telah disalurkan (Senin 11 Mei 2020) kepada 16.817 KK. Sedangkan (bantuan) APBD Karo Tahun 2020 barusan disalurkan kepada 6.144 KK,” katanya.

Ketua Pelaksana harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo, Martin Sitepu menyatakan, bantuan sembako dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara saat ini tengah dikemas.

“Hasil koordinasi ke pihak BPBD Medan, sembako masih dikemas jadi belum rampung dikirimkan,” ujarnya.

Martin mengakui pihaknya kini masih membahas lokasi gudang penyimpanan sembako dari bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Tim Gugus saat ini juga masih membahas tempat gudang sebelum pendistribusian ke kecamatan sekitarnya. Hal ini juga sebagai referensi  dalam pengiriman sembako ke Karo oleh pihak Pemprov Sumut. Gudang penampungan sembako dalam waktu dekat ini sudah dapat kita tentukan titiknya,” tegasnya.

Hadir dalam penyaluran bantuan sembako Pemkab Karo,  Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty, Danramil-03/ Berastagi  Mayor Inf Jimmi Barus, Kapolsekta Berastagi AKP L.M Marpaung,  Ketua Plh Gugus Tugas Covid-19 Martin Sitepu, Kepala Dinas  Sosial Benyamin Sukatendel, Camat Berastagi Mirton Ketaren, Kansilog Bulog Sumbul Cabang Medan Muhammad Iqbal. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *