Pengusaha Bosnia-Herzegovina Berminat Impor Kopi Karo

oleh -1.594 Kali Dibaca
Dubes RI untuk Bosnia-Herzegovina, Amelia Ahmad Yani, delegasi pengusaha Bosnia, Wakil Bupati Karo Cory S. Sebayang, melakukan kunjungan ke Kabupaten Karo, Jumat 19 Juli 2019. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Pengusaha asal Distrik Brcko, Bosnia-Herzegovina, berminat untuk mengimpor kopi asal Karo ke negaranya. Hal ini disampaikan Head of Delegation from Brcko District (Kepala Delegasi dari Distrik Brcko), Damir Bucevic, saat melakukan lawatan ke Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Damir Bucevic berkunjung ke Kabupaten Karo, Jumat 19 Juli 2019, bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Bosnia-Herzegovina, Amelia Ahmad Yani. Kedatangan rombongan Dubes Amelia disambut Wakil Bupati Karo, Cory S. Sebayang bersama Asisten I Pemkab Karo, Suang Karokaro, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karo, Kasman Sembiring, Kasatpol PP Hendrik Tarigan.

Kepada Wakil Bupati Karo, Damir mengutarakan minat para pengusaha Bosnia terhadap kopi Karo.

“Di Bosnia tidak ada tanaman kopi untuk itu, kita butuh impor. Dan kita dengar, kopi dari Karo itu sangat bagus,” kata Damir, pemilik perusahaan Papillon Halid Salihovic.

Baca Berita Sebelumnya: Miliki Daya Tarik, Dubes Amelia Bawa Pengusaha Bosnia ke Karo

Dia juga mengaku kagum dengan potensi alam yang dimiliki Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Di pertemuan itu, Damir mengutarakan, kunjungan yang ia lakukan selain melihat potensi di Kabupaten Karo dan Sumatera Utara, pihanya mengundang Pemerintah Kabupaten Karo dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menghadiri Forum Bisnis Internasional yang akan diselenggarakan di Bosnia, pada September mendatang.

Di forum itu, kata Damir, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat mempromosikan  dan menarik minat negara-negara lainnya untuk menjalin kerja sama.

Dubes Amelia Ahmad Yani mengungkapkan, kunjungannya ke Kabupaten Karo untuk memperkenalkan potensi yang ada di Karo kepada para pengusaha Bosnia. Amelia melihat ada potensi yang bisa dijalin Pemerintah Kabupaten Karo dengan Bosnia.

Baca Berita:

Polisi Janji, Tempo 7×24 Jam Tangkap Pembakar Rumah Sembiring

Pangdam Ingatkan Prajurit TNI Jaga Kepercayaan Rakyat

“Kunjungan ini untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di Karo kepada rombongan delegasi dari Bosnia. Ada rencana untuk menjalin Sister City antara Karo dan Bosnia. Khususnya di bidang perdagangan komoditas kopi, pariwisata, dan misi pendidikan. Bosnia negara ke-11 terbesar di dunia pengkonsumsi kopi. Jadi sangat dibutuhkan kopi ini,” imbuh Amelia.

Wakil Bupati Karo, Cory mengakui, kopi Karo merupakan kualitas unggul dan telah diekspor ke berbagai negara.

“Produk kopi kita sudah high quality dan sangat diterima di pasar internasional. Jadi kita optimis untuk kerja sama ini. Semoga Sister City antara Kabupaten Karo dan Bosnia akan segera terwujud dan berjalan lancar,” kata Cory.

Dubes Amelia dan rombongan delegasi Bosnia diajak Wakil Bupati Cory melihat kawasan lereng Gunung Sinabung di Desa Perteguhan, Kecamatan Simpang Empat, dan perkebunan warga di sekitar gunung. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *