Pertama Kali, Rancangan Masjid Modern UMY Masuk Rekor MURI

oleh -576 Kali Dibaca
Manager MURI Office Semarang, Sri Widayati menyerahkan piagam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk perancangan masjid dan bentuk gambar essay kepada UMY, Rabu 28 Agustus 2019. [Foto UMY | Rienews]

RIENEWS.COM – Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FT- UMY) berhasil mencatatkan rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan karya rancangan masjid modern terbanyak; 48 desain gambar dan 591 essay. Karya ini dihasilkan 680 mahasiswa baru FT-UMY yang mengikuti kegiatan Masa Ta’aruf (Mataf), pada tanggal 26 sampai 28 Agustus 2019.

Rekor ini disahkan dalam piagam MURI dengan nomor 9142/R.MURI/VIII/2019 dan ditetapkan pada Rabu 28 Agustus 2019.

Manager MURI Office Semarang, Sri Widayati menyampaikan bahwa rekor ini baru pertama kali dilaksanakan. Menurutnya, kegiatan perancangan masjid baik dalam bentuk gambar maupun essay belum pernah tercatat dalam MURI.

“Jadi ini pertama kalinya dengan peserta terbanyak,” jelas Sri pada prosesi penyerahan piagam di Kampus Terpadu UMY.

Wakil Rektor UMY Bidang Akademik Dr. Ir. Sukamta, MT., IPM., menjelaskan bahwa ini merupakan rekor kesepuluh yang telah dilakukan oleh UMY.

Baca Berita:

Hingga Agustus 2019 Terjadi 245 Kasus Rabies di Karo

Demi Pendidikan Anak Korban Bencana, Tiarma Ginting Hibahkan Tanah Untuk Bangun Sekolah

Dikatakannya, bahwa semua rekor yang telah dihasilkan oleh UMY bukan hanya untuk mencari pengakuan belaka. Melainkan untuk membuktikan bahwa siapa pun bisa menciptakan karya yang luar biasa, termasuk bagi mahasiswa baru UMY.

“Kita tidak sekadar mencari sertifikat, tapi kita ingin mengajak anda begitu masuk ke Fakultas Teknik di hari pertama sudah menciptakan sesuatu yang baru,” ujarnya.

Sukamta mengajak seluruh mahasiswa baru untuk bisa berpikir ke depan dan terus menciptakan inovasi. Sukamta juga menyebutkan bahwa pemilihan perancangan masjid karena tempat ibadah umat Muslim merupakan pondasi peradaban Islam.

Untuk itu, UMY memiliki tujuan menjadi perguruan tinggi yang maju mulai dari masjid.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini merupakan bentuk inovasi agar menjadikan masjid memiliki infrastruktur yang modern, sehingga memudahkan masyarakat dan jamaah masjid untuk selalu beribadah dan meningkatkan kompetensi keislaman dan ilmu pengetahuan teknologi.

Infrastruktur modern yang diterapkan di masjid diharapkan dapat melayani masyarakat dan jamaah masjid untuk selalu meningkatkan kompetensi serta kapasitasnya. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan keluarga muslim di seluruh Indonesia maupun dunia. (Red | Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *