Polisi Amankan 7 Petugas Retribusi Air Panas Raja Berneh Karo

oleh -2.033 Kali Dibaca
Ilustrasi lokasi wisata air panas.

RIENEWS.COM – Satuan Reskrim Polres Tanah Karo mengamankan 7 petugas retribusi di lokasi wisata air panas Raja Berneh-Semangat Gunung di Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Minggu malam, 30 September 2018.

Satu di antara petugas retribusi berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Dinas Pariwisata Pemkab Karo.

Kasat Reskrim Polres Tanah Karo AKP Ras Maju Tarigan membenarkan kejadian itu. Menurutnya, selain mengamankan 7 petugas retribusi, juga diamankan uang tunai Rp28.831.000 dan berikut  38 blok  potongan  karcis.

Baca Juga: Ulah Petugas Retribusi Wisata Lau Debuk-Debuk Bikin Resah Pengunjung

Ketujuh petugas diamankan dari pos pengutipan retribusi yang berlokasi di Desa Raja Berneh-Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka.

Dikatakan AKP Ras Maju Tarigan, ke 7 petugas tersebut masih dimintai keterangan dan dikenakan status wajib lapor setiap pekan.

Kasus tersebut masih didalami Satreskrim Polres Tanah Karo, dan belum ada yang ditetapkan tersangka. AKP Ras Maju Tarigan mengungkapkan, masih terus melakukan penyelidikan terhadap ke 7 petugas retribusi yang diamankan.

Diakui AKP Ras Maju Tarigan, diamankannya para petugas retribusi merupakan respons dari Kepolisian atas laporan pengutipan liar terhadap warga atau pengunjung lokasi wisata air panas.

“Kasus ini terkait adanya laporan kutipan liar  kepada warga yang hendak melintas mendaki Gunung Sibayak, olahraga, atau pun hendak melakukan rekreasi. Atas laporan itu langsung ditindak lanjuti,” ujar AKP Ras Maju Tarigan, Senin 1 Oktober 2018.

Sampai saat ini, sebut AKP Ras Maju, belum ada yang dijadikan tersangka. “Saat ini dalam tahap lidik (penyelidikan), jika cukup bukti maka kasusnya ditingkatkan menjadi  ke tahap sidik (penyidikan),” imbuhnya.

Dia menegaskan tidak tertutup kemungkinan akan memintai keterangan pejabat Dinas Pariwisata terkait diamankannya ke 7 petugas retribusi itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karo Mulia Barus tampak hadir di Mapolres Tanah Karo. Menjawab pertanyaan wartawan soal diamankannya 7 petugas retribusi, Mulia Barus enggan berkomentar.

“Konfimasi saja kepada polisi,” kata Barus Mulia. (Rep-01)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *