Sambut Sumpah Pemuda, Alumni Menwa USU Gelar Karya Bakti di Karo

oleh -1.505 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana (kanan) beserta istri, Sariati Sitompul, berfoto bersama alumni Menwa USU, Prof. Budiman Ginting, Prof. Paham Ginting dan Samsul Rizal, di rumah dinas Bupati Karo, Rabu 14 Agustus 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Dalam rangka menyambut Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019, alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) USU akan menggelar karya bakti di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, selama dua hari. Aksi serupa telah dilakukan alumni Menwa USU di Kabupaten Serdang Bedagai.

Rencana karya bakti alumni Menwa USU disampaikan Prof. Budiman Ginting, Prof. Paham Ginting dan alumni Menwa USU Samsul Rizal dalam audiensi dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana yang didampingi Asisten I  Suang Karokaro, Kadis Pendidikan Edi Surianta Surbakti, Kadis Pertanian Metehsa Purba, Plt Kadis Lingkungan Hidup  Lisma Br Ginting, Kadis Kesehatan Irna Safrina Meliala,  Rabu 14 Agustus 2019, di rumah dinas bupati.

Budiman Ginting menegaskan, sumber dana dari aksi kegiatan ini murni  dari dana alumni Menwa USU. Dia juga menjelaskan, aksi alumni Menwa USU sebelumnya pernah dilakukan sebanyak tiga kali di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Kegiatan ini sudah pernah dilakukan di daerah Serdang Bedagai sebanyak tiga kali. Nah, yang ke-4 ini rencana kita gelar di Kabupaten Karo dan perlu diketahui rencana kegiatan ini akan disemarakkan para alumni Menwa dari Jakarta,” ujar Budiman.

Baca Berita:

Masyarakat Karo Tumpahruah di Jalan Sambut HUT RI ke -74 Tahun

Gagal Bangun Jalan Alternatif Medan-Berastagi, Ini Solusi Pemerintah

Samsul Rizal menjelaskan, kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut dalam rangka menyambut  Hari  Sumpah Pemuda 28  Oktober tahun 2019.

“Alumni Menwa USU melaksanakan kegiatan karya bakti berupa penghijauan, simulasi pendidikan dan Yankes (pelayanan kesehatan),” katanya.

Di hari pertama, kata Rizal, alumni Menwa USU menerjunkan 50 orang memperindah “gerbang” masuk Kabupaten Karo di Panatapan Doulu dan Kota Berastagi.

Sedangkan di hari kedua (Sabtu 26 Oktober 2019), Rizal menuturkan, akan melaksanakan penghijauan di daerah Panatapan, Gundaling dan Siosar.

“Untuk pohon dan bunga sudah kami siapkan meliputi pohon cemara (200 bibit), mahoni (500 bibit) dan bunga  flamboyan (100 bibt) serta bunga bugenvil (10 bibit),” sebut Rizal.

“Kegiatan hari H akan kita laksanakan hari Sabtu 26 Oktober 2019, pukul 08.00 WIB, sudah melakukan aksi penanaman pohon seputaran Panatapan Doulu dan Gundaling, titik kumpul di Tahura, Tongkoh,” katanya.

Rizal menegaskan, aksi karya bakti alumni Menwa USU sebagai komitmen yang telah disepekati.

“Ini adalah komitmen kami alumni Menwa USU sesuai kesepakatan, membantu Pemkab Karo agar di bawah kepemimpinan Bupati Karo Terkelin Brahmana tidak ada yang tidak bisa dilakukan demi keindahan Karo sebagai objek wisata yang sudah menggaung di kancah nasional dan internasional,” katanya.

Budiman Ginting yang juga alumni Menwa USU, menambahkan, untuk simulasi pendidikan digelar di Siosar meliputi  tiga desa yakni, Desa Bekerah, Simacem dan Sukameriah.

“Begitu juga pelayanan kesehatan, di Siosar akan kita berikan kepada masyarakat untuk cek kesehatan gratis yang nantinya disediakan oleh kesehatan provinsi,” ujarnya.

Budiman mangatakan,  jika tidak ada halangan, sesuai koordinasi dengan panitia alumni Menwa USU para siswa  di sekolah Siosar akan diberikan bingkisan sebagai support dan sekaligus kepedulian untuk mendukung mereka semakin semangat belajar.

Usai mendengarkan penjelasan dari alumni Menwa USU, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengungkapkan rasa terima kasih.

“Sangat berterimakasih atas kepedulian panitia bersama rombongan Prof. Budiman Ginting, dan mengapresiasi atas kegiatan tersebut yang akan digelar di Kabupaten Karo tanggal 26 Oktober 2019,” katanya.

“Saya sangat bersyukur, masih ada orang sekelas profesor masih peduli untuk mempercantik dan menata keindahan Kota Berastagi sekitarnya. Terlebih pintu gerbang masuk Kabupaten Karo di Panatapan Doulu sebagai wajah Kabupaten Karo akan ditanam pohon dan bunga. Ini sangat luar biasa, pak Prof. Mudah-mudahan akan ada yang lain seperti jiwa pak Prof. Ini, kami Pemda Karo akan mendukung dan tidak mengecewakan prof. bersama rombongan nantinya,” tutur Terkelin.

Menyoal penghijauan dan pelayanan kesehatan, Terkelin menyatakan, instansi terkait akan membantu kegiatan itu.

“Kebetulan ada dinas OPD terkait hadir di sini. Maka mereka saya instruksikan untuk membantu mencarikan sebagai tambahan bibit pohon dan bibit bunga yang dibutuhkan panitia alumni Menwa USU ini,” kata Terkelin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *