Terkelin: KSPN Danau Toba Lahirkan Segudang Bisnis Pariwisata

oleh -2.686 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di sela rapat pembahasan KSPN Danau Toba yang digelar di Institut Teknologi Del, Balige, Kabupaten Tobasa, Rabu 10 Januari 2018.

 RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan kawasan Danau Toba merupakan prioritas Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Kabupaten Karo merupakan bagian dari kawasan Danau Toba, telah dikenal sebagai salah satu keajaiban di dunia.

“Danau Toba adalah salah satu prioritas KSPN yang ditetapkan Pemerintah Pusat karena memiliki beberapa tempat paling indah dan ikonik di dunia. Tidak ketinggalan Kabupaten Karo salah satunya yaitu daerah Tongging yang terletak dipinggiran kawasan  Danau Toba,” tegas Bupati Karo Terkelin Brahmana, Rabu 10 Januari 2018.

Pembangunan KSPN,  sebut Terkelin, akan mendatangkan segudang bisnis di sektor pariwisata.

KLIK: Bupati Karo Hadiri Rapat KSPN Danau Toba Dipimpin Menteri Luhut

Di sela-sela Rapat KSPN Danau Toba yang dipimpin Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Bupati Karo menyatakan partisipasi baik pihak swasta maupun masyarakat lokal maupun Pemerintah Pusat sendiri melalui BPWIP (Badan Pengembangan Wilayah Infrastuktur Pengadaan).

“Sudah kita dengar tadi, dana pembangunan untuk home stay setiap per-kabupaten sekawasan Danau Toba direncanakan akan dibangun per-300 unit home stay tahun 2018 ini melalui Kementerian PU PR di mana  home stay adalah suatu tempat atau bangunan yang biasanya berbentuk sebuah rumah dan disewakan secara harian maupun bulanan,” ujar Terkelin.

Dia meyakini, semua akan menghasilkan pendapatan dari biaya, lisensi dan usaha patungan dalam segala hal mulai dari home stay, restoran, kafe, agen perjalanan, industri rumah tangga, pasar seni dan kerajinan khas.

“Agro wisata hingga rental sepeda motor dan mobil dan lain lain.  Inilah salah program Pemerintah Pusat  karena melihat bahwa KSPN sebagai tempat ideal  mengembangkan bisnis sektor pariwisata lokal dengan dana pihak ketiga,” katanya.

Bupati Karo berpendapat KSPN Danau Toba memajukan perekonomian kawasan kabupaten Danau Toba  yaitu Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan, Karo, Tapanuli Utara, Dairi, Pakpak Bharat, dan Simalungun.

“Atas terselenggaranya pembangunan KSPN tersebut,  termasuk Kabupaten Karo akan menikmati keuntungan dalam sektor parawisatanya,” imbuh Terkelin Brahmana.

 Selain itu, menurut Bupati Karo, penciptaan Zona Ekonomi Khusus (KEK) melalui Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) tertuang dalam Rapat KSPN, menjadikannya kawasan ‘All in One Eco Solutions’ yang melindungi lingkungan, mempromosikan pembangunan daerah berkelanjutan berskala besar.

“Menciptakan tingkat pengembalian yang tinggi bagi para pelaku bisnis sektor ekowisata di Kabupaten Karo,” ujar Terkelin. (BAY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *