Warga Demo Pos Retribusi Pemandian Air Panas Semangat Gunung

oleh -1.310 Kali Dibaca
Warga Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, menggelar aksi demo di depan Pos Retribusi menuju objek wisata air panas, Sabtu 9 Maret 2019. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Pos Retribusi masuk ke kawasan objek wisata pemandian air panas didemo warga Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu pagi, 9 Maret 2019. Warga pendemo merupakan pemilik pemandian air panas. Di Desa Semangat Gunung, warga memanfaatkan mata air panas di lahan pribadi mereka sebagai objek wisata.

Kabupaten Karo dikenal sebagai salah satu wisata air panas.

Aksi demo yang dilakukan warga menuntut hasil retribusi yang dilakukan Dinas Pariwisata Pemkab Karo digunakan untuk pembangunan desa. Mereka menduga kutipan retribusi merupakan pungutan liar.

“Kami heran, mengapa ada pengutipan retribusi pariwisata di kampung ini. Semua pemandian air panas di desa ini milik warga dan dikelola secara swadaya. Gunung Sibayak juga sudah dikelola Kehutanan Provinsi Sumatera Utara. Jadi apa dasar pengutipan yang selama ini dilakukan pihak Pemkab Karo melalui Dinas Pariwisata,” ujar seorang pendemo bemarga Surbakti.

Baca Berita: 32 Unit Rumah Rusak Dilanda Puting Beliung di Karo

Berita Wisata Air Panas: Retribusi Wisata Karo Tidak Soal, Asal Jalan Diperbaiki

Meski demikian, Surbakti menyatakan hasil retribusi oleh Pemerintah Kabupaten Karo mestinya dibagi untuk pembangunan Desa Semangat Gunung.

“Kalaupun ada payung hukum dalam pengutipan retribusi. Kiranya bagi hasil, pembangunan desa,” ujar Surbakti.

Aksi demo warga Desa Semangat Gunung tampak diikuti para ibu rumah tangga. Mereka berjalan kaki menuju Pos Retribusi menuju pemandian air panas Desa Semangat Gunung, yang berada di tepi jalan. Di depan Pos Retribusi, pendemo menggelar berbagai poster berisikan tuntutan.

Aksi unjuk rasa yang digelar warga Desa Semangat Gunung berjalan aman hingga warga membubarkan diri. (Rep-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *