Letkol Inf Taufik Rizal Paparkan Konsep Penerapan New Normal

oleh -130 Kali Dibaca
Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Inf Taufik Rizal saat memaparkan konsep penerapan new normal dihadapan Bupati Karo Terkelin Brahmana, Selasa 16 Juni 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Wilayah Kabupaten Karo di Provinsi Sumatera Utara kini masuk zona merah pandemi Covid-19. Meski demikian, Pemerintah Kabupaten Karo kini sedang menggodok konsep penerapan tatanan hidup baru atau New Normal di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Konsep ini disampaikan Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Inf Taufik Rizal yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covd-19 Kabupaten Karo dalam pertemuan yang dilangsungkan di ruang Command Center Kantor Bupati Karo, Selasa 16 Juni 2020, turut dihadiri  Bupati karo Terkelin Brahmana, Asisten III Mulianta Tarigan, Asisten II Dapat kita Sinulingga, PlhK Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo Martin Sitepu, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Kepala Inspektorat Philemon Brahmana, Kepala DPKPAD Andreasta Tarigan, Kasdim 0205/TK Mayor Inf. D. Marpaung dan sejumlah perwira Kodim 0205 /TK.

Dikatakan Taufik, bahwa pada intinya pihaknya bersama APH (aparat penegak hukum) lainnya siap untuk mengawal new normal jika diberlakukan di tengah masyarakat.

“Dalam pelaksanaan tugas new normal sangat penting, baik dimensi protokol kesehatan harus dikedepankan. Ini juga masyarakat harus siap dalam arti kata, ikuti imbauan dan aturan dari pemerintah melalui tim gugus tugas,” katanya.

Baca Berita: 

Pemkab Karo Siapkan SOP Menuju New Normal

Dampak Covid-19, 122 KK Warga Desa Kuta Buluh Terima BLT Dana Desa

Taufik menyatakan, masalah tanggung jawab operasi tugas sudah siap jika dibebankan kepada pihaknya bersama APH, dan Satpol PP.

“Sambil berjalan, mari pihak Pemda Karo mempelajari usulan dan konsep kita tersebut. Pada prinsipnya kita siap menjalankan new normal dengan regulasi yang ada,” ujarnya.

Usai menyimak presentasi Letkol Inf Taufik Rizal, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengungkapkan mendukung sepenuhnya apabila new normal diberlakukan sesuai konsep yang dipaparkan.

“Dalam presentase tersebut, bahwa menuju new normal butuh sinergitas dari semua unsur elemen, lintas masyarakat, lintas agama, lintas OPD dan Lintas pemangku kebijakan. Dalam mengikuti protokol kesehatan, semua ini tetap kepada kedisplinan dan sikap kita mematuhi SOP yang ada nantinya,” tegasnya.

Bupati menekankan, agar Kabupaten Karo lepas dari zona merah Covid-19, maka semua dituntut lebih peduli, waspada dan patuh protokol kesehatan dalam  memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Tentu hal ini berdampak kepada new normal, jika semua sudah berangsur pulih ke zona hijau,” katanya.

Cegah Warga Masuk

Terkait zona merah, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengimbau masyarakat dari luar wilayah menunda perjalanan, atau menunda kedatangan ke Kabupaten Karo. Untuk mencegah warga dari luar wilayah masuk ke Kabupaten Karo, Pemkab Karo telah mengadakan check point untuk melakukan pemeriksaan kepada pengendara, warga yang memasuki wilayah Karo

“Sebab check point di Desa Doulu sudah dilakukan penyekatan. Bagi setiap kendaraan yang hendak masuk akan diperiksa keperluannya,” tegas Terkelin.

Bupati mengakui, jika alasan warga tidak dapat diterima datang, masuk ke Kabupaten Karo, akan disuruh putar balik.

“Nah, sebelum hal ini terjadi, diimbau bagi masyarakat yang hendak ke Karo untuk sementara membatalkan rencana dari pada diputar balik, lebih bagus menahan diri tidak bepergian hingga daerah Karo dinyatakan kembali zona hijau menuju pemberlakukan new normal dalam waktu dekat ini. Bila situasi sudah mengizinkan,” pungkasnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *