OTT KPK, Mensos Juliari Batubara Serahkan Diri

oleh -317 Kali Dibaca
Menteri Sosial Juliari P. Batubara. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Operasi tangkap tangan (OTT) dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam dugaan kasus korupsi penyaluran paket bantuan sosial (Bansos) Sembako Kementerian Sosial untuk penanganan masa pandemi Covid-19. Pada operasi itu, KPK menyita uang tunai Rp14,5 miliar dalam pecahan mata uang USD, Rupiah, dan Dolar Singapura.

OTT KPK ini menyeret Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara, pada Minggu dinihari, 6 Desember 2020, menyerahkan diri ke Gedung KPK.

Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan, modus korupsi Bansos Covid-19 melakukan penarikan komisi (fee) dari bantuan yang digelontorkan Kementerian Sosial. Pada periode kedua pelaksanaan paket Bansos Sembako sejak Oktober 2020 hingga Desember 2020, terhimpun fee  sebesar Rp8,8 miliar.

“Untuk periode kedua pelaksanaan paket Bansos Sembako, terkumpul uang fee dari bulan Oktober 2020 sampai dengan Desember 2020 sejumlah sekitar Rp8,8 miliar yang juga diduga akan dipergunakan untuk keperluan JPB,” ungkap Firli dalam jumpa pers, Minggu dinihari, 6 Desember 2020.

Baca Berita:

Innalillahi, Banjir di Kota Medan 5 Orang Meninggal Dunia

Gempa Hari Ini Landa Aceh dan Bengkulu

Operasi tangkap tangan dilancarkan tim KPK pada Sabtu dinihari, 5 Desember 2020.

“Sekitar jam 02.00 WIB, di salah satu tempat di Jakarta,” kata Firli.

Penyidik KPK menyita tujuh koper, tiga tas ransel dan amplop kecil, berisi pecahan mata uang Rupiah, USD dan Dolar Singapura dengan jumlah sekitar Rp14,5 miliar.

KPK mengembangkan penyidikan dan melakukan penangkapan terhadap sejumlah orang di Jakarta. Mereka yang ditangkap KPK dalam kaitan OTT Sabtu dinihari itu, Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono (pejabat pembuat komitmen di Kementerian Sosial), dan dua orang pihak swasta Ardian I.M dan Harry Sidabuke.

Menyusul penangkapan ke empat orang tersebut, Mensos Juliari P. Batubara menyerahkan diri ke Gedung KPK, Minggu diinhari.

KPK telah menetapkan status tersangka kepada Mensos Juliari P. Batubara beserta Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono, Ardian I.M dan Harry Sidabuke.

Juliari P. Batubara merupakan daftar nama menteri kedua yang dijerat KPK di masa kepemimpinan Firli Bahuri. Sebelumnya, KPK menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam kasus dugaan korupsi ekspor benur (benih lobster). (Red)

Sumber: Liputan6.comTempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *