PWI Minta Pemkab Karo Serius Gali Potensi Wisata

oleh -167 Kali Dibaca
Pemandangan lava Gunung Sinabung. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karo meminta Pemkab Karo serius dan kreatif kembangkan potensi wisata di Bumi Turang. Salah satunya lava Gunung Sinabung yang dapat dikemas menjadi spot destinasi.

Hal itu terungkap dalam forum diskusi PWI Kabupaten Karo yang dihadiri sejumlah wartawan di Karo, Dairi dan Pakpak Bharat, pada Rabu 15 Januari 2020.

Dalam pengembangan dan penggalian potensi wisata di Karo, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata didorong lebih kreatif dan inovatif dalam mengemas spot destinasi wisata.

Dalam forum diskusi tersebut, muncul wacana agar memanfaatkan muntahan lava dari erupsi Gunung Sinabung, semisal taman lava yang ikonik.

Baca Berita:

Bupati Karo dan Kepala BBPJN II Medan Tinjau Drainase Tersumbat

Polisi Ringkus Empat Pengedar Judi Kupon di Karo

“Sehingga nantinya, lokasi taman tersebut bisa menjadi ikon baru atau spot foto yang menarik bagi wisatawan. Namun harus ditata dengan bunga-bungaan dan lampu sorot malam hari,” ungkap Justianus Purba.

Dia menjelaskan, taman lava tidak hanya menjadi spot wisata tapi juga wahana edukasi terkait erupsi Gunung Sinabung.

Menyahut wacana itu, wartawan Robert Tarigan membandingkan Gunung Sinabung dengan dengan Gunung Merapi di Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah.

“Siapa yang tak kenal Gunung Merapi? Gunung itu bisa jadi gunung yang paling terkenal di Indonesia. Ini bukan soal pemandangannya ciamik atau treknya yang asyik. Namun, lebih karena statusnya kini berubah menjadi objek wisata yang mendatangkan uang bagi masyarakat dan pemerintahnya,” katanya.

Salah satunya, wisatawan Lava Tour Merapi yang diajak menyusuri kaki Merapi menggunakan Jeep. Selain itu ada juga kendaraan adventure lainnya yang tak kalah gagah.

“Semuanya (wisata itu) laris manis, demikian juga pedagang-pedagang kecil semuanya kecipratan rezeki,” tuturnya.

Robert menyakini  bila wisata serupa itu dilakukan di kawasan Gunung Sinabung akan menjadi spot destinasi wisata baru di Kabupaten Karo yang potensial diminati wisatawan.

“Gunung Api Sinabung juga tak kalah terkenal dengan Merapi. Hal yang sama bisa dilakukan. Semua pihak dilibatkan, mulai dari masyarakat, DPRD Karo, BPBD dan Dinas Pariwisata selaku leading sektor Pemkab Karo serta instansi terkait lainnya berkolaborasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),” katanya. (Rep-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *