36 Wartawan Ikuti UKW di Berastagi, Hendry Ch Bangun: Selalu Membaca

oleh -160 Kali Dibaca
Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun (tengah) bersama peserta UKW. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Sebanyak 36 wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Pemkab Karo bersama PWI. UKW dilaksanakan selama dua hari, sejak 3 hingga 4 Desember 2020, di Grand Orri Berastagi.

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun mengatakan, wartawan harus selalu menambah wawasan dengan selalu membaca. Mantan wartawan Kompas itu, mengakui hingga kini, setiap pagi selalu membaca.

“Setiap pagi, saya membaca koran, baik dalam negeri dan luar negeri. Semua itu demi penambahan wawasan untuk kita nikmati,” tutur Hendry, mantan Sekjen PWI Pusat dua periode (2008-2013 dan 2013-2018).

Dihadapan peserta UKW angkatan ke 32 PWI, pria berdarah Karo itu mengungkapkan, dengan membaca, menambah wawasan dan memperkaya pembendarahaan kata. Penguasaan kosa kata bagi wartawan penting dalam penulisan berita. Ini dapat menjadi penggayaan dalam menyajikan laporan, dan pembaca akan mengenali gaya penulisan wartawan tersebut.

Baca Berita:

Tagar Mensos Jadi Trending Topik

FPPP Karo Ajak Kaum Milenial Minati Profesi Tani

“Wartawan itu harus mempunyai kamus bahasa sendiri dalam gaya penulisan, dan jadikan tulisan kita dapat dikenali oleh pembaca dengan memiliki ciri khas tersendiri,” tutur Hendry di hari terakhir pelaksanaan UKW, Jumat 4 Desember 2020.

Hendry berpesan kepada wartawan peserta UKW tingkat Madya, menjadi wartawan profesional, bertanggung jawab dan selalu menjaga sikap.

Ketua PWI Sumut Hermansjah mengingatkan kepada peserta UKW, untuk menjadi wartawan profesional harus selalu belajar dan mentaati kode etik jurnalis.

“Artinya, belajar itu terus menerus, tidak mengenal usia dan tetap mengikuti perkembangan teknologi. Setelah UKW ini, tidak lagi dianggap wartawan abal-abal,” kata Hermansjah.

Pelaksanaan UKW yang digelar Humas Pemkab Karo merujuk pada Peraturan Dewan Pers Nomor 1 tahun 2010, yang diperbarui dengan Peraturan Dewan Pers Nomor 4 tahun 2017 tentang Sertifikasi Kompetensi Wartawan.

Hasil dari pelaksanaan UKW, 32 wartawan dari berbagai media dinyatakan lulus kompetensi.  (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *