Ada Harimau, Sekda Karo: Kita Tutup Sementara Pendakian ke Gunung Sibayak

oleh -55 Kali Dibaca
Sekda Kabupaten Karo Kamperas Terkelin Brahmana. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM –  Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menutup sementara Gunung Sibayak untuk pendakian dan destinasi wisata. Ini dilakukan sebagai langkah pencegahan atas laporan penemuan harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatra) di kawasan Gunung Sibayak berketinggian 2.172 mdpl.

“Kita sudah mendengar adanya informasi soal penampakan harimau. Jadi, kita sudah kerja sama dengan pihak terkait untuk menutup sementara pendakian Gunung Sibayak,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Karo Kamperas Terkelin Brahmana, Selasa 27 Oktober 2020.

Berita Terkait: Dilaporkan Ada Harimau Sumatra di Gunung Sibayak, Bupati Karo Imbau Warga Menjauhi Lokasi

Dikatakannya, penutupan sementara Gunung Sibayak dilakukan Pemkab Karo bekerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Sumatera Utara, dan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Tahura Bukit Barisan.

Baca Berita:

Ikuti Gelar Wicara Nasional, Bupati Karo Soroti Penggunaan Bahasa Asing

Deklarasi Cinta Damai di Pilbup Karo

Penutupan jalur pendakian dan tujuan wisata ke Gunung Sibayak, menurut Kamperas, dilakukan dengan pemasangan spanduk, pengumuman bersifat imbauan.

“Kita juga membuat imbauan dan spanduk penutupan pendakian Gunung Sibayak, di antaranya di Tugu Perjuangan Berastagi. Ini agar bisa dilihat masyarakat dan pengunjung, mengetahui akan adanya penampakan harimau,” ujar Kampras.

Sekda Kabupaten Karo berharap dengan pemasangan spanduk, pengumuman imbauan menjauhi Gunung Sibayak, menjaga keselamatan dan menghindari konflik manusia dengan harimau Sumatra.

“Kita berharap agar masyarakat dan pengunjung saat ini tidak mendekati lokasi, dan tetap waspada. Kalaupun harus ke lokasi agar jangan sendirian, diusahakan membawa teman dan jangan melakukan aktivitas malam hari,” katanya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *