Berdalih Gaji Kecil, Remaja Ini Ternyata Sudah 5 Kali Curi Kendaraan Angkutan

oleh -151 Kali Dibaca
Tersangka Andi saat keluar dari RSU Kabanjahe. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Berdalih gaji kecil, seorang remaja mencuri kendaraan roda empat milik majikannya. Hasil penyidikan Satuan Reserse Kriminal Polres Tanah Karo, mengungkap, bahwa tersangka Andi (18 tahun), asal Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, sebelumnya telah lima kali melakukan aksi pencurian kendaraan angkutan berbagai jenis.

Andi ditangkap dalam kasus pencurian kendaraan roda empat jenis pikap milik majikannya, tauke ayam,  bermarga Simbolon, penduduk Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Aksi pencurian dilakukan tersangka bersama seorang temannya, Senin 28 Oktober 2019.

Kasat Reskrim Polres Tanah Karo, AKP Sastrawan Tarigan menyatakan, tersangka berhasil ditangkap beserta barang bukti pada mobil L300 BK 9488 CW dari kawasan Tanjungpura, Kabupaten Langkat, pada Selasa malam, 29 Oktober 2019.

Saat diminta polisi menunjukkan keberadaan temannya, sebut AKP Sastrawan, tersangka Andi mencoba melarikan diri.

“Saat kita lakukan pengembangan, pelaku mau lari. Jadi terpaksa kita lumpuhkan (tembak) di kedua kakinya,” ujarnya.

Baca Berita:

Warga Relokasi Dampak Sinabung Tuntut Uang Sewa Rumah dan Lahan

Menggali Potensi Wisata Air Desa Doulu

Mantan Kasat Narkoba Polres Tanah Karo itu mengatakan, tersangka telah melakukan aksi serupa di kawasan Kabupaten Langkat. Hal ini diperkuat dengan temuan barang bukti berupa kunci berbentu T dari tas yang pinggang milik Andi.

“Pelaku ini merupakan spesialis pencurian mobil, karena saat kita tangkap terdapat kunci T pada tas pinggangnya. Tersangka sudah beraksi beberapa kali di kawasan Kabupaten Langkat,” kata AKP Sastrawan, Rabu 30 Oktober 2019.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny R. Hutajulu mengapresiasi keberhasilan Kasat Reskrim AKP Sastrawan yang mengungkap kasus pencurian kendaraan tersebut.

“Saya apresiasi kinerja dari Kasat Reskrim yang baru ini. Ini adalah bukti bentuk dari kinerja Polres Tanah Karo untuk memberantas segala perbuatan melawan hukum,” ujar Kapolres.

Tersangka Andi mengakui mencuri kendaraan milik majikannya karena sakit hati diberi gaji kecil.

“Sikit kali gajiku dikasihnya,” kata Andi saat keluar dari Rumah Sakit Umum Kabanjahe, untuk perawatan atas luka tembak di kedua kakinya.

Dari penangkapan ini, Kepolisian berhasil mengungkap bahwa tersangka Andi telah menggondol tiga unit mobil Mitsubishi jenis pikap L300, dan dua unit kendaraan jenis truk. Kendaraan tersebut dijual Andi dengan harga Rp20 juta.

Ditegaskan AKP Sastrawan, tersangka dikenakan pasal 363 KUHPidana tentang pencurian, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *