Gempa 5,1 SR di Laut Flores Tidak Berpotensi Tsunami

oleh -951 Kali Dibaca
Lokasi pusat gempa bumi magnitudo 5,1 di Laut Flores, Timur Laut Sumbara, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Jumat 31 Mei 2019. [Foto BMKG | Rienews]

RIENEWS.COM – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan gempa 5,1 skala richter yang terjadi di Laut Flores, Timur Laut Sumbara, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Jumat 31 Mei 2019, pukul 13.37 WIB, tidak berdampak pada tsunami. PVMBG menyatakan belum ada laporan kerusakan dampak gempa.

Pada lamannya vsi.esdm.go.id, PVMBG menjelaskan gempa bumi terjadi pukul 13.37 WIB, dengan  pusat gempa  di Laut Flores, 119 kilometer  Timur Laut Sumbawa, pada koordinat 7.42 LS dan 117.55 BT, dengan magnitudo 5.1, pada kedalaman 587 kilometer.

Baca Berita:

BNPB-PBB Tandatangani Kerja Sama Pengelolaan Risiko Bencana

Penyakit Akibat Rokok Meningkat

Pusat gempa bumi berada di laut, terasa di daerah sekitarnya yang disusun oleh batuan vulkanik dan aluvium berumur Kuarter serta batuan sedimen berumur Tersier yang telah mengalami pelapukan sehingga bersifat, urai, lepas, dan bersifat memperkuat efek goncangan gempa. Penyebab gempa bumi diperkirakan berasosiasi dengan zona subduksi antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Indo-Australia.

PVMBG menyatakan,  gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami,  walaupun gempa bumi berpusat di laut, namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu tsunami.

Menyoal kerusakan, dinyatakan belum ada laporan mengenai kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa bumi ini. Gempa tidak dirasakan di Pos Pengamatan Gunungapi Rinjani dan Tambora. (Rep-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *