Jumlah Pengungsi Erupsi Gunung Ili Lewotolok Bertambah, Hari Ini Doni Monardo ke Lembata

oleh -267 Kali Dibaca
Lokasi pengungsian warga Kabupaten Lembata, Provinsi NTT, terdampak erupsi Gunung Ili Lewotolok. [Foto BNPB | RIenews]

RIENEWS.COM – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Selasa malam, 1 Desember 2020, bertolak ke Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Doni Monardo akan melihat langsung kondisi pengungsi dan penanganan mitigasi erupsi Gunung Ili Lewotolok.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati pada Selasa malam, menyebutkan, jumlah pengungsi terdampak erupsi Gunung Ili Lewotolok, pasca erupsi Minggu 29 November 2020, kini bertambah menjadi 5.830 jiwa.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lembata mencatat sebanyak 5.830 jiwa mengungsi ke beberapa titik. Berdasarkan data per-Selasa 1 Desember 2020, pukul 15.00 WIB, aktivitas vulkanik berdampak pada 28 desa, di antaranya 17 desa di Kecamatan Ile Ape dan 9 desa di Ile Ape Timur. BPBD mencatat 20 sebaran titik pengungsian,” jelas Raditya.

Titik pengungsian tersebar di pos pengungsian warga menampung 576 jiwa, Parak Walang 456 jiwa, aula Kelurahan Lewoleba Tengah 279 jiwa, Desa Tapolangu 287 orang, aula kopdit Ankara 169 orang, SMPN I Nubatukan 160 orang, pasar Lamahora 112 orang, SDI Lewoleba 82 orang, aula Kelurahan Lewoleba Timur 65 orang, aula Selandoro 50 orang dan BKD PSDM 46 orang.

Baca Kumpulan Berita Erupsi Gunung Api Di Sini

Di samping itu, warga juga mengungsi ke rumah-rumah warga yang tersebar di beberapa desa, seperti Lewoleba Timur 1.042 jiwa, Selandoro 1.015, Lewoleba Selatan 467, Lewoleba 347, Lewoleba Barat 286, Lewoleba Tengah 286 dan Lewoleba Utara 105 jiwa.

Dalam penanganan warga pengungsi terdampak erupsi Gunung Ili Lewotolok, BNPB mengirimkan bantuan.

“BNPB memberikan sebanyak 4.000 masker kain dan 12 unit lampu garam untuk warga di pengungsian,” kata Raditya.

Baca Berita:

Munas IV HMKI, Bupati Karo Ingatkan 3 ‘Penyakit’ Orang Karo Harus Dihilangkan

Bupati Karo Respons Soal IMB Rumah Dinas Pendeta dan Pengurusan Surat di Dukcapil

Dikatakannya, ketersediaan bahan makanan yang ada di gudang daerah masih cukup untuk kebutuhan selama 4 hari ke depan. Sedangkan dapur umum yang disediakan oleh dinas sosial setempat telah beroperasi. Di samping bantuan logistik, BNPB juga memberikan pendampingan dalam aktivtasi pos komando yang berada di Kantor Bupati Lama.

Raditya mengungkapkan, pendistribusian logistik ke lokasi pengungsian terkendala sarana transportasi.

“Terbatasnya moda transportasi untuk pendistribusian logistik bantuan,” ujarnya.

Mengatasi hal tersebut, Raditya menyatakan, berbagai pihak telah saling berkoordinasi dan bekerja sama, seperti dari pemerintah daerah setempat, TNI, Polri, Basarnas, Palang Merah Indonesia (PMI) dan sukarelawan yang berjumlah 132 orang.

Kepala BNPB Doni Monardo, Selasa pukul 20.00 WIB, tiba di Kupang, NTT.  Doni bersama rombongan Komisi VIII DPR RI M Ali Taher, Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi, Plt. Deputi Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi, Plt. Dir. Pemetaan dan Risiko Bencana BNPB Abdul Muhari, Kabid Mitigasi Gunung PVMBG Hendra Gunawan, Tenaga Ahli BNPB, perwakilan dari Kementerian Sosial dan staf BNPB, akan melihat langsung kondisi dan penanganan pengungsi warga terdampak erupsi Gunung Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata, Rabu 2 Desember 2020. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *