Kebakaran di Gunung Welirang Sudah Dipadamkan

oleh -277 Kali Dibaca
Petugas melakukan penyisiran di Gunung Welirang. [Foto BNPB | Rienews]

RIENEWS.COM – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Gunung Welirang sudah dapat diatasi. Sejumlah kawasan atau blok di Gunung Welirang yang berada di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, alami karhutla sejak kemarin.

Api yang membakar kawasan blok Plorotan dan blok Gunung Pundak, Gunung Welirang, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, telah dipadamkan, sejak Rabu 2 Oktober 2019, sekitar pukul 19.30 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo menyatakan, sebanyak 75 personel tim gabungan telah berhasil memadamkan api.

Baca Berita:

Desa Raya dan Sempajaya Raih Reward Success Story Dana Desa Kemenkeu

Ini Alasan Bupati Karo Puji Sosok Baskami Ginting

“Sebagian sudah dapat dipadamkan. Vegetasi yang terbakar adalah meliputi semak belukar dan cemara gunung. Luasan terdampak masih dalam pemetaan,” kata Agus dalam siaran persnya, Kamis 3 Oktober 2019.

BPBD Provinsi Jawa Timur masih melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Mojokerto dan Dinas Kehutanan Provinsi Jatim (UPT Tahura R. Soerjo) serta Tim Perhutani, BPBD, LMDH, TNI, POLRI, potensi relawan.

Update pada Kamis 3 Oktober 2019, kebakaran hutan wilayah Tahura R. Soerjo, titik api yang berada pada blok Putuk Sewur dan blok Cemoro Cangkruk sudah dapat dikendalikan. Namun tim Tahura tetap melakukan penyisiran ulang,” sebut Agus.

Ditegaskannya, petugas masih melakukan penyisiran dari blok Cemoro Cangkruk sampai dengan blok Puthuk Sewur.

“Sampai pukul 16.00 WIB, laporan diterima BNPB, api dapat dipadamkan dan keadaan aman terkendali,” imbuh Agus.

Gunung Welirang  dengan ketinggian 3.156 meter di atas permukaan laut, dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *