Pemko Bogor Salurkan Bantuan Usaha Muda Mandiri

oleh -530 Kali Dibaca

Balai Kota Bogor.[DOK]
Balai Kota Bogor.[DOK]
POSBOGOR.COM – Pemerintah Kota Bogor, salurkan bantuan usaha berupa alat dan pelatihan kerja kepada kelompok usaha muda mandiri di delapan kelurahan.

“Bantuan usaha muda mandiri ini merupakan program dari Kementerian Tenaga Kerja untuk usaha mikro yang baru tumbuh agar bisa berkembang dan mandiri,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sosial, dan Transmigrasi Annas M. Rasmana usai penyerahan bantuan di Balai Kota Bogor, Senin (27/6/2016).

Bantuan usaha muda mandiri yang diperoleh Pemkot Bogor pada tahun ini nominalnya sebesar Rp120 juta, terbagi atas Rp90 juta untuk modal usaha dan Rp30 juta untuk biaya pelatihan atau kursus bagi kelompok usaha penerima bantuan.

“Total ada delapan kelurahan dengan jumlah 160 orang yang mendapatkan bantuan kerja mandiri ini,” katanya.

Bantuan tenaga kerja mandiri itu berupa alat usaha, seperti peralatan usaha tata boga, sablon digital, jahit menjahit, budi daya ikan lele, dan penjualan ayam ungkep.

Sebelum diberikan alat bantuan kerja, penerima bantuan mendapatkan pelatihan atau kursus pengembangan usaha dan manajemen agar dapat mengembangkan usahanya dengan lebih baik lagi.

Dengan pelatihan dan bantuan itu, dia berharap masyarakat penerima mempunyai embrio usaha baru, bisa lebih maju, dan mandiri.

“Sesuai dengan namanya mandiri, jadi bisa membuka lapangan pekerjaan untuk yang lainnya,” katanya.

Dari delapan kelompok usaha yang mendapatkan bantuan, Annas berharap dapat terbentuk 30 kelompok usaha baru di delapan kelurahan, yakni Loji, Panagaran, Kedung Halang, Sukasari, Mulyaharja, Tegalega, Cibadak, dan Pamoyanan.[ANT/PAS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *