Polisi Tetapkan 15 Orang Tersangka Kerusuhan Rutan Kabanjahe

oleh -176 Kali Dibaca
Keluarga narapidana di Rutan Kelas IIB Kabanajahe, membaca informasi yang ditempel pihak Rutan untuk mengetahui keberadaan keluarga mereka. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM –  Kepolisian Resor Tanah Karo menetapkan 15 narapidana sebagai tersangka dalam kerusuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe, Jalan Bhayangkara, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terjadi pada Rabu siang, 12 Februari 2020. Akibat kerusuhan ini, bangunan Rutan Kelas IIB Kabanjahe, terbakar.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tanah Karo AKP Sastrawan  Tarigan menyatakan dalam mengungkap tersangka kerusuhan, penyidik telah memeriksa 20 narapidana. Hasil pemeriksaan terhadap 20 narapidana, polisi menetapkan 15 narapidana sebagai tersangka kasus kerusuhan Rutan Kelas IIB Kabanjahe.

“Sudah diperiksa 20 orang  dan 15 sudah ditetapkan sebagai tersangka,” kata AKP Sastrawan, Kamis 13 Februari 2020.

Sementara itu di lokasi tempat kejadian perkara, Tim Labfor Bareskrim Mabes Polri melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Rutan Kelas IIB Kabanjahe, Jalan Bhayangkara.

Baca Berita:

Rusuh di Rutan Kabanjahe, Bupati Imbau Warga Tetap Tenang

Apa Pemicu Rusuh di Rutan Kelas IIB Kabanjahe

Pantauan di lokasi olah TKP, tampak personel Labfor Mabes Polri menyusuri lokasi Rutan Kabanjahe yang terbakar dalam aksi kerusuhan Rabu kemarin. Selain itu, personel Labfor Mabes Polri mengambil sejumlah sampel dari lokasi kejadian.

Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R. Hutajulu menegaskan pihaknya masih mendalami kasus kerusuhan di Rutan Kelas IIB Kabanjahe.

“Masih didalami, mohon waktunya,” ujar AKBP Benny.

Napi Dipindah ke Sejumlah Rutan dan Polsek

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kemenkumham Sumut) Sutrisman menyatakan pihaknya telah mengevakuasi 410 narapidana Rutan Kelas IIB Kabanjahe ke sejumlah rutan dan lapas di Sumatera Utara.

Sementara untuk tahanan yang masih menjalani persidangan ditahan di sejumlah sel tahanan Kepolisian di Kabupaten Karo. Selanjutnya, kata Sutrisman, tahanan akan dikembali ke blok tahanan Rutan Kelas IIB Kabanjahe yang kondisinya masih utuh.

“Semalam ratusan warga binaan yang sudah divonis sudah dipindah. Ada yang ke Lapas Tanjung Gusta, Sidikalang, Langkat, dan Binjai. Begitu juga warga binaan perempuan juga sudah dipindahkan semua. Untuk tahanan yang masih proses sidang dititipkan di Polsek jajaran Polres Tanah Karo,” kata Sutrisman saat mengunjungi Rutan Kelas IIB Kabanjahe, Kamis 13 Februari 2020.

Pasca kerusuhan dan terbakarnya Rutan Kelas IIB Kabanjahe, praktis pelayanan di Rutan Kelas IIB Kabanjahe terhenti.

Sutrisman mengatakan, pelayanan Rutan Kelas IIB Kabanjahe akan beroperasional kembali setelah perbaikan.

“Untuk sementara layanan masih kita tutup hingga nanti situasi kembali pulih,” katanya.

Adapun lokasi narapidana dipindahkan yakni ke Lapas Tanjung Gusta, Rutan Binjai, Rutan Sidikalang, Rutan dan Rutan di Langkat. Sebagiannya lagi narapidana dan tahanan dipindah ke sel tahanan Polsekta Berastagi, Polsek Simpang Empat, Polsek Juhar, Polsek Tiga Binanga, Polsek Payung, Polsek Munte, Polsek Tiga Panah dan Polsek Barusjahe.

Keluarga Mencari 

Meski telah ada informasi yang ditempel oleh Rutan Kelas IIB Kabanjahe tentang keberadaan narapidana dan tahanan yang dipindahkan, namun keluarga narapidana masih mengalami kesulitan mengetahui keberadaan mereka.

Seperti yang dialami Rifkata warga Kabanjahe, Kamis siang, mencari keberadaan suaminya, Roni Sanjaya Meliala.

Semula Rifkata bersama bersama mertuanya mendatangi Polres Tanah Karo untuk mencari keberadaan suaminya.

“Pihak Polres nyarankan kami untuk datang ke Rutan guna mempertanyakan langsung soal suami saya. Sementara sampai di sini (Rutan) kami tidak menemui jawaban suami saya berada di mana,” katanya.

Meski sudah membaca informasi yang ditempel di Rutan, Rifkata menyatakan belum mendapatkan informasi keberadaan suaminya, Roni yang divonis 1 tahun 4 bulan penjara. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *