Polres Tanah Karo Rilis Kasus Narkoba Mantan Kapolsek dan Dua Sipir Rutan

oleh -787 Kali Dibaca
Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R. Hutajulu menggelar konferensi pers pengungkapan dan penanganan kasus narkoba, Kamis 23 Januari 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Kepala Kepolisian Resor Tanah Karo Ajun Komisaris Besar Polisi Benny R. Hutajulu menggelar konferensi pers pengungkapan kasus narkoba sejak akhir 2019 hingga awal tahun 2020, di ruang Pur-Pur Sage Polres Tanah Karo, Kamis 23 Januari 2020.

Selama kurun waktu tersebut, Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Tanah Karo berhasil mengungkap delapan kasus narkoba dengan 13 orang tersangka.

Di antara kasus yang dirilis adalah kasus menjerat yang mantan Kapolsek Payung Iptu Samson Sembiring dan sipir Rumah Tahanan Kelas IIB Kabanjahe.

Simak Berita: Kapolres Tanah Karo Copot Kapolsek Payung

Hadir dalam konferensi pers tersebut Waka Polres Tanah Karo Kompol Hasian Panggabean, Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe Simson Bangun.

Kasat Narkoba Polres Tanah Karo AKP Ras Maju Tarigan menjelaskan dalam kurun waktu, akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020, pihaknya telah mengungkap delapan kasus dengan 13 orang tersangka, barang bukti berupa shabu 43,5 gram, ganja 1,74 gram, dan senjata air softgun.

Simak Juga Berita: Polisi Ungkap Dua Oknum Sipir Rutan Kabanjahe Jadi Kurir Narkoba

Sementara itu untuk kasus dan penanganan mantan Kapolsek Payung Iptu Samson Sembiringdiserahkan ke Direktorat Narkoba Polda Sumatera Utara. AKP Ras Maju menyatakan, Iptu Samson Sembiring disidik dalam kasus narkoba berawal dari penangkapan tiga warga sipil oleh Satres Narkoba Polres Tanah Karo, beberapa waktu lalu.

“Tersangka mantan Kapolsek Payung, Iptu Samson Sembiring penangganannya dilakulan pihak Direktorat Narkoba Poldasu,” ujar AKP Ras Maju.

Baca Berita:

Penduduk Miskin Turun, Bupati Karo: Terima Kasih BPS

Tabrakan di Jalur Menanjak Berastagi, Bus Sutra dan Kendaraan L300

Selain itu, AKP Ras Maju Tarigan mengungkapkan kasus narkoba yang menjerat dua petugas sipir Rutan Kelas IIB Kabanjahe. Kedua sipir tersebut ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemasokan narkoba dalam lingkungan Rutan Kelas IIB Kabanjahe. Selain kedua sipir, Polres Tanah Karo menetapkan empat narapidana lainnya.

“Dua oknum Rutan Kabanjahe, M. Angga Primana dan Tio Sukma Hady bersama dengan empat narapidana kini ditahan di Polres Tanah Karo,” sebut AKP Ras Maju.

Ditambahkannya, untuk para tersangka dikenakan pasal 112 dan 114 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009  Narkotika dengan ancaman hukuman empat tahun hingga seumur hidup.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe Simson Bangun menegaskan pengungkapan kasus narkoba yang melibatkan dua anak buahnya, berawal dari operasi rutin yang digelar pihak Rutan Kelas IIB Kabanjahe

“Saya langsung memimpin razia antar blok napi, di saat itulah kita temukan shabu-shabu. Setelah dikembangkan, ternyata ada keterlibatan dua pegawai Rutan sehingga kita serahkan ke Satnarkoba untuk pemeriksaan,” pungkas  Simson Bangun. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *