Tingkatkan Kesejahteraan, Bupati Karo Prioritaskan Bangun Jalan Antar-Desa

oleh -753 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama sejumlah pejabat Pemkab Karo meninjau kondisi jalan di Desa Sukamaju, Kecamatan Tiga Panah, Rabu 11 September 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan Pemerintah Kabupaten Karo, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Salah satu program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bumi Turang pembangunan akses jalan antar-desa hingga kecamatan.

Bupati menyatakan, anggaran pembangunan jalan antar-desa hingga ke kecamatan di Kabupaten Karo, telah ditampung dalam APBD-Perubahan 2019.  Dengan begitu, pembangunan jalan antar-desa menjadi skala prioritas Pemkab Karo.

Kawasan desa, kata Terkelin, kunci utama pembangunan daerah.

“Akses jalan ditingkatkan untuk mempermudah distribusi hasil-hasil pertanian dari desa ke pasar di Kabanjahe,” ujar Terkelin saat meninjau Desa Sukamaju, Kecamatan Tiga Panah.

Baca Berita:

Pemuda Asal Riau Ini Nekat Menjambret di Resepsi Pernikahan

Pemprov Sumut Beri Bantuan Rp7,5 M Pemulangan Pengungsi Sinabung

Dalam kegiatan peninjauan itu Bupati Karo didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kepala Dinas Pertanian Metehsa Karokaro Purba, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Paksa Tarigan,  Camat Tiga Panah Data Martina br Ginting,  Kabag Tapem Caprilus Barus, Plt Kepala Dinas LHK, Liasma br Ginting.

Terkelin mengingatkan perangkat pemerintah desa dalam penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD/ADD) mengutamakan skala prioritas yang ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)

“Penggunaan ADD dan DD harus mengutamakan kegiatan skala prioritas yang sudah tertuang di dalam APBDes. Jangan menyimpang dari apa yang telah ditetapkan,” tegas Terkelin, Rabu 11 September 2019.

“Untuk itu, pemerintah desa dan badan permusyawaratan desa (BPD) perlu meningkatkan kapasitasnya. Salah satunya kemampuan untuk menetapkan skala prioritas pembangunan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu,. Bupati Karo Terkelin Brahmana menyebutkan, soal permintaan warga yang disampaikan masyarakat melalui Sekretaris Desa  Lidia br Ginting, yakni tentang infrastruktur akses jalan Desa Sukamaju–Simpang Kabantua, sudah ditampung di APBD-Perubahan Kabupaten Karo Tahun Anggaran 2019.

Kemungkinan pada awal bulan Oktober sudah akan dikerjakan.

“Selebihnya akan digunakan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) P-APBN sepanjang tiga kilometer. Usulan yang belum terealisasi akan ditampung di RAPBD Induk 2020. Yang saat ini juga sedang dibahas bersama DPRD Karo,” pungkas Terkelin Brahmana.  (Rep-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *