Rekrutmen 17 Panwascam Pilbup Karo 2020, Laporkan Jejak Rekam Calon

oleh -225 Kali Dibaca
Ketua Bawaslu Karo Eva Juliani Pandia bersama Kadiv Organisasi dan SDM Bawaslu Karo, Nggeluh Sembiring. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM –  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karo membuka pendaftaran dan seleksi untuk Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Karo 2020.

Dalam pelaksanaan Pilbup Karo 2020, Bawaslu Karo membutuhkan 51 tenaga untuk 17 Panwascam se-Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Ketua Bawaslu Karo Eva Juliani Pandia menjelaskan, tahapan rekrutmen Panwascam telah digelar sejak awal November 2019.

Ada pun tahapan rekrutmen Panwascam Pilbup Karo yang telah dilakukan Bawaslu Karo meliputi sosialisasi rekrutmen Panwascam pada tanggal 6 hingga 12 November 2019. Dilanjutkan, tanggal 13 hingga 26 November 2019, pengumuman pendaftaran calon Panwascam.

Tahapan penerimaan pendaftaran dan administrasi calon Panwascam baru dibuka pada tanggal 27 November 2019 hingga 3 Desember 2019.

“Sekaligus juga dilakukan penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi,” kata Eva Juliani Pandia didampingi Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (Kadiv Organisasi dan SDM) Bawaslu Karo, Nggeluh Sembiring, kepada wartawan di Kantor Bawaslu Kabupaten Karo, Jalan Cik Dit Tiro, Kabanjahe, Senin 18 November 2019.

Baca Berita:

Penghijauan di Jalur Masuk Wisata Karo

Peningkatan Pelayanan dan Mutu Kesehatan Puskesmas

Eva menegaskan, masa pendaftaran dan penilitian kelengkapan berkas para calon, bisa saja diperpanjang.

“Bawaslu dapat melakukan perpanjangan waktu pendaftaran sekaligus dilakukan penelitian administrasi  pada 6-10 Desember 2019. Pada tanggal 12 Desember 2019 akan dilakukan pengumuman hasil penelitian berkas administrasi,” katanya.

Eva mengimbau dan mengajak masyarakat untuk memberikan laporan, tanggapan terhadap para calon Panwascam Pilbup yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Ruang laporan itu, dibuka Bawaslu Karo sejak tanggal 12 hingga 15 Desember 2019.

“Tanggapan dan masukan masyarakat dibutuhkan pada saat berlangsungnya proses perekrutan,” ungkap Eva.

Bagi para calon Panwascam Pilbup yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan mendapat respons-masukan dari masyarakat, selanjutkan akan mengikuti tahapan tes tertulis sejak tanggal 13 hingga 17 Desember 2019. Tahapan selanjutnya tes wawancara pada 18 Desember 2019.

Bawaslu Karo menjadwalkan pelantikan 17 Panwascam Pilbup akan dilakukan pada tanggal 20-21 Desember 2019.

Kadiv Organisasi dan SDM Bawaslu Karo, Nggeluh Sembiring menambahkan, perekrutan Panwascam kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Khususnya untuk para calon dari PNS dan partai politik.

“Semua pendaftar tidak boleh dari partai politik. Kalau PNS, harus mundur dari jabatannya,” tegasnya.

Sementara itu, seluruh proses rekrutmen Panwascam Pilbup Karo dilakukan secara online.

“Seluruh tahapan penjaringan calon pengawasan dilakukan secara online. Ini penting untuk menjamin asas keterbukaan dalam proses penjaringan. Bawaslu Kabupaten Karo mengimbau, mengajak putra-putri Karo bergabung dan mendaftarkan diri untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada 2020,” ujar Nggeluh Sembiring.

Disebutkannya, dengan asas transparansi dalam perekrutan Panwascam diharapkan mendapatkan figur yang jujur, adil, dan profesional.

“Ini bertujuan agar terciptanya pemilihan kepala daerah yang adil, berintegritas, dan menemukan pemimpin yang diidamkan oleh rakyatnya,” pungkasnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *