9 Napi Bebas, 11 Sipir Rutan Kabanjahe Terima “Hadiah” Presiden Jokowi

oleh -1.592 Kali Dibaca
Karutan Kabanjahe Theo Adrianus Purba memberikan penghargaan Presiden Joko Widodo kepada 11 pegawai dan sipir di Hari Proklamasi Indonesia, Jumat 17 Agustus 2018. [ Foto Rienews]

RIENEWS.COMSebanyak 94 narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mendapatkan remisi (pengurangan) masa hukuman, 9 narapidana di antaranya mendapatkan remisi bebas.

Pemberian remisi kepada 94 narapidana dilakukan langsung Kepala Rutan Negara Kelas IIB Kabanjahe, Theo Adrianus Purba, Jumat 17 Agustus 2018, setelah menggelar upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke-73 tahun di lingkungan Rutan Kabanjahe.

“Dari 464 orang warga tahanan,  94 orang mendapatkan remisi, dan 9 napi diantaranya mendapat remisi  bebas,” ujar Karutan Kabanjahe Theo Adrianus Purba.

Dikatakannya, remisi merupakan hak  bagi warga binaan (narapidana) yang diatur dalam pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Baca Berita: Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Karo Berlangsung Khidmat

Berita Populer: Ini 4 Tersangka Korupsi Tugu Menjuah Juah Berastagi Rp650 Juta

Dalam rangkaian upacara peringatan Proklamasi Republik Indonesia, Karutan Kabanjahe menyampaikan penghargaan dari Presiden Joko Widodo kepada 11 pegawai dan sipir Rutan Kabanjahe yang dengan mengabdi selama 10 tahun dan 30 tahun.

Sebelumnya, Karutan Kabanjahe Theo Adrianus Purba bersama para pegawai dan sipir dengan mengenakan beka buluh dan uis nipes, pakaian khas Karo menggelar upacara peringatan Proklamasi Indonesia di lingkungan Rutan Negara Kelas IIB, Kabanjahe, juga diikuti narapidana.

Karutan Kabanjahe Theo Adrianus Purba selaku Inspektur Upacara, membacakan pidato tertulis Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly dalam upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia.

“Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus pada tahun 1945  merupakan puncak pergerakan kemerdekaan  bangsa Indonesia. Setelah berabad-abad mengalami pahit getir dalam himpitan belenggu kolonialisme. Kemerdekaan yang diraih tersebut merupakan jembatan untuk kemakmuran seluruh rakyat Indonesia, untuk menegakkan keadilan pada semua lapisan, dan untuk meraih kemajuan bersama pada setiap sendi-sendi kehidupan bangsa. Untuk itu sebagai anak bangsa kita semua harus bekerja keras dengan penuh semangat dalam mengisi kemerdekaan,” tegas Menkumham yang dibacakan Karutan Kabanjahe.  (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *