Bupati dan Wabup Karo Dukung Wisata Halal Kawasan Danau Toba

oleh -794 Kali Dibaca
Pemandangan Danau Toba dari kawasan Kecematan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Wakil Bupati Karo Cory S. Sebayang sepakat mendukung wisata halal di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.  Kabupaten ini masuk dalam program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo yakni  Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang meliputi lima destinasi di antaranya Danau Toba.

KSPN-Program Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas berada di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman telah membentuk tim percepatan realisasi yakni tim quick win.

Di Kabupaten Karo, wilayah yang berhubungan dengan kawasan super prioritas Danau Toba, adalah kawasan wisata Tongging, Kecamatan Merek.

Merespons program pariwisata Nasional di Danau Toba yang dikelilingi sejumlah kabupaten, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mendorong program wisata halal. Program ini ternyata menuai pro-kontra.

Menyikapi pro-kontra itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana menyatakan Pemkab Karo mendukung program yang digulirkan Gubernur Sumatera Utara.

Baca Berita:

Ini Cara Pegawai Telkom Kabanjahe Peringati HPN, Bikin “Kaget” Pelanggan

Derita Malnutrisi dan Anemia, Orangutan Poni dan Pandi Dirawat Intensif

“Pemda Karo pada prinsipnya siap menyambut kedatangan wisatawan di kawasan utara Danau Toba di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Iya. Iya kita sudah siap mengaplikasikan wisata halal. Ini program Nasional harus kita dukung,” tegas Terkelin Brahmana didampingi Wakil Bupati  Karo Cory S. Sebayang di sela-sela rapat evaluasi pelaksanaan Semester I APBD 2019, Selasa 3 September 2019, di Kantor Bupati Karo, Kabanjahe.

Bupati Karo berharap program wisata halal di kawasan Danau Toba tidak menjadi polemik.

“Demi kemajuan pariwisata dan program Nasional wajib kita dukung. Kita hilangkan pro-kontra demi kebijakan Pemerintah Pusat,” katanya.

Wakil Bupati Karo Cory menyebutkan, Kabupaten Karo memiliki budaya, adat istiadat dan kearifan lokal yang cukup luar biasa.

“Untuk itu (wisata halal) akan kita sosialisasikan kepada masyarakat. Ini PR camat nantinya. Intinya Pemda Karo sudah siap menyongsong program tersebut,” katanya.

Cory mendukung pernyataan Bupati Terkelin Brahmana, bahwa program wisata halal untuk kebaikan pariwisata Karo.

“Wajar kita dukung wisata halal seputaran kawasan Danau Toba,” pungkas Cory.  (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *