Bupati Karo Hadiri Malam Dana Pembangunan Monumen Resi Smegit Brahmana

oleh -2.763 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana menghadiri Malama Dana Pembangunan Monumen Resi Smegit Brahmana, Minggu malam, 29 Juli 2018, di Polonia Convention Hotel, Jalan Sudirman, Kota Medan. [ Foto Ist | Rienews.com]

RIENEWS.COM Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi istri, Sariati Sitompul Terkelin Brahmana menghadiri acara Malam Dana Pembangunan Monumen Resi Smegit Brahmana, Minggu malam, 29 Juli 2018, di Le Polonia Convention Hotel, Jalan Sudirman, Kota Medan.

Dalam sambutannya, Bupati Karo mengucapkan terimakasih kepada panitia perkumpulan Brahmana Si Rulo Ras Anak Beruna dalam mewujudkan pembangunan Tugu Monumen Resi Smegit Brahmana yang diketuai Nasib S. Brahmana.

“Sekali lagi atas nama pribadi saya berterimakasih atas undangannya dalam  penggalangan dana pembangunan Monumen Resi Smegit Brahmana. Kebetulan saya juga keturunan cucu Brahmana,” ujar Brahmana.

“Terlebih Monumen Resi Smegit Brahmana ini rencananya akan dibangun di Tanah Karo di Desa Rumah Kabanjahe. Ini suatu kehormatan bagi saya, ketika seorang marga Brahmana menjabat sebagai bupati. Patut dan saya partisipasi mendukung sampai suksesnya pembangunan Monumen Resi Smegit Brahmana,” kata Terkelin Brahmana.

Baca Berita: Korban Meninggal Gempa Lombok Jadi 14 Orang

Dikatakan Terkelin, ini akan menjadikan catatan sejarah ke depan, dengan terbangunnya monumen tersebut, karena persatuan dan kesatuan marga Brahmana Ras Anak Beruna di mana pun berada telah menyumbangkan pikirannya, tenaga dan waktu.

“Ini semua berkat kepedulian akan warisan nenek moyang kita, marga Brahmana. Kisah dan sejarah adanya pemikiran pembangunan monumen Resi Smegit Brahmana di Kabanjahe mungkin nanti yang lebih rinci ketua panitia yang lebih dapat menjelaskannya, bagian dari perjuangan nenek moyang marga Brahmana,” ujar Terkelin.

Dalam kesempata itu, Bupati Karo menegaskan telah menyiapkan dana untuk pembangunan Monumen Resi Smegit Brahmana.

“Saya tegaskan sudah kita siapkan, hanya saja tidak elok di podium ini saya sebutkan jumlah besarnya bantuan yang saya berikan. Tapi saya minta kepada panitia, agar  datang ke Kantor Bupati, Kabanjahe, silahkan ambil dan jemput uangnya,” pungkas Terkelin Brahmana.

Ketua Persada Brahmana Si Rulo Ras Anak Beruna se-Dunia, Dr. Ir. Nasib S. Brahmana, M. F. A., mengungkapkan marga Sembiring ada lima termasuk Brahmana di zaman nenek moyang, lazim disebut Smegit.

“Smegit ini adalah Resi yang sering juga di sebut Maha Resi India dalam catatan sejarah marga Brahmana berasal dari negara India, masuk  ke Tanah Karo sekitar abad XVI menetap di Kabanjahe. Zaman dulu kala masih di sebut Talun Kaban,  belum Kabanjahe namanya,” kata Nasib.

Dalam sejarah, kata Nasib, dikisahkan masih ada persengketaan antara penguasa Talun Kaban dengan Raya dan Resi Semegit berusaha untuk mendamaikan permasalahan antara Talun Kaban.

“Inilah awal  sampai sekarang adanya Smegit Brahmana,” ujar Nasib Brahmana.

Mengenai pembangunan Monumen  Resi Smegit Brahmana, disebutkan Nasib Brahmana, sengaja hendak dibangun di rumah Kabanjahe.

“Mengingat fakta sejarah, menurut penuturan Resi Semegit ketika meninggal dunia, beliau dikuburkan di Desa Kabanjahe.  Tujuan dibangunnya Tugu Monumen Resi Smegit Brahmana ini agar kelak di masa mendatang marga Brahmana dan Ras Anak Beruna Brahmana bisa saling mengenal dan dapat bersatu menjadi keluarga Brahmana se-Kabupaten Karo, khususnya. Pemkab Karo melalui pariwisatanya dapat menjadikan Tugu Monumen bersejarah ini sebagai objek wisata bagi masyarakat luas, khususnya marga Sembiring Brahmana nantinya,”  kata Nasib Brahmana.

Kegiatan Malam Dana Pembangunan Monumen Resi Smegit Brahmana dihadiri Nabari Ginting selaku penasihat, Doanta Jaya S. Brahmana seksi penggalangam dana, Ketua Pembangunaan Monumen, Drs. Pius S. Brahmana, dan ratusan marga Brahmana dan Ras Anak Beruna. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *