Bupati Karo Terima Produser dan Kru Film Jandi La Surung

oleh -1.531 Kali Dibaca
Pertemuan Bupati Karo Terkelin Brahmana dengan tim penggarap film Jandi La Surung di ruang kerja Kantor Bupati Karo, Kamis 27 September 2018. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM –  Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Wakil Ketua DPRD Efendi Sinukaban, Kadis Pora Robert Perangin-angin, Kadis Parawisata Ir.Mulia Barus, Kadis Pendidikan Eddi Surianta Surabakti menerima kedatangan tim pembuatan film Jandi La Surung (janji tidak ditepati), Kamis 27 September 2018, pukul 11.00 WIB.

Koordinator Eksekutif Produser Lina br Tarigan, Sutradara Ori Sembiring, Produser Bery Fana Sitepu dan beberapa kru dan bersama aktris dan aktor, diterima Bupati Karo di ruang kerjanya.

Lina mengemukakan kedatangan mereka ingin meminta dukungan khususnya melalui Kadis Pora dalam penggarapan film Jandi La Surung. Judul film ini mengambil dari bahasa daerah Karo.

Baca Berita: HAORNAS ke-35, Wagubsu Beri Penghargaan Olahraga Kepada Bupati Karo

“Supaya dapat bekerjasama dalam pembuatan film ini nantinya,” kata Lina.

Dikisahkan Lina, film ini mengangkat dari karya Muhammad Tempel Tarigan yang mengisahkan kisah percintaan anak muda pada tahun 1950-an.

“Karya Muhammad Tempel Tarigan layak diapresiasi ke dalam bentuk film karena mengeksplorasi budaya dan sejarah,” jelas Lina.

Sementara sutradara Ori Sembiring menyebutkan, rencana pembuatan film dilaksanakan Oktober 2018 dan dijadwalkan selesai akhir Nopember 2018. Karena berlatar belakang tahun 1950-an, Ori menjelaskan lokasi syuting film akan mencari lokasi yang bernuansa tahun 1950-an.

“Lokasi syuting film Jandi La Surung yang tidak kalah penting nantinya sesuai cerita tahun 1950-an maka nuansa lokasi dan tempat penyutingan akan kita cari lokasinya yang masih bernuansa seperti tahun 1950-an,” kata Ori.

Di film Jandi La Surung pemeran utama Femila Br Sinukaban akan memerankan sebagai Nd.Ribu dan aktor Arjuna Ginting sebagai Tempel Tarigan.

Dalam pertemuan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengungkap apreaisasinya atas pembuatan film Jandi La Surung.

“Film ini, cerita yang telah diutarakan produser dan sutradara tadi, sangat menguntungkan bagi masyarakat Karo. Sebab film ini mengangkat derajat dan martabat budaya Karo nantinya,” kata Terkelin Brahmana.

Ditegaskannya, dengan perkembangan zaman, kita jangan pernah melupakan budaya dan semboyan.

“Seiring perkembangan zaman itulah harus kita akui, tapi jangan pernah melupakan budaya kita. Sebab ada semboyan mengatakan ikuti zamanmu, tapi jangan tinggalkan budayamu. Ini harus dicatat bagi produser dan sutradara dalam pembuatan film tersebut. Mengapa saya katakan demikian, agar kalian dalam pembuatan film tidak melupakan budaya, melainkan menampilkan dan menggali serta menonjolkan budaya Karo yang selama ini dikenal lima merga, rakut sitelu tutur siwaluh perkaden kaden sepuluh dua tambah sada,” tegas Bupati Karo.

Terkelin juga menegaskan mendukung garapan film tersebut.

“Sebagai dukungan saya akan tugaskan Kadis Pora Robert Perangin-angin, agar memonitor dan membantu jika ada dana anggaran yang disediakan dalam pembuatan film tersebut. Ini akan membantu ke depan Kabupaten Karo, baik aspek budaya, parawisata, akan terpromosikan lewat  film saat diputar di bioskop-bioskop nantinya,” imbuh Terkelin.

Bupati Karo menyilahkan para kru memperlihatkan hasil film tersebut meski belum selesai dikerjakan.

“Silahkan, rencana produser jika bulan Nopember 2018 sudah siap membuat film tersebut,  walaupun belum sempurna penanyangannya, namun  ingin memutar filmnya di Aula Kantor Bupati, kami pemkab karo sangat bersedia. Welcome  sebelum ditayangkan ke bioskop-bioskop Nusantara,” pungkas Bupati Karo.

Wakil Ketua DPRD Karo Efendi Sinukaban menyebut luar biasa, impian yang begitu besar dan sangat banyak tantangan tapi akan terwujud.

“Pada hal  kita tahu persaingan di pangsa pasar (film) penuh tantangan dan hambatan. Pada prinsip kami, DPRD Karo tetap eksis mendukung karena tema film yang akan disajikan nantinya berbau budaya Karo, jadi tentunya patut kita dukung,” kata Efendi. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *