Gempa Tektonik Dangkal di Brebes, 23 Rumah di Kuningan Rusak

Rumah warga di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, alami kerusakan dampat gempa tektonik M4,2, Jumat pagi, 11 Desember 2020. [Foto BNPB | Rienews]

RIENEWS.COM – Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) melaporkan, 23 unit rumah warga di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, terdampak guncangan gempa tektonik yang terjadi Jumat 11 Desember 2020, sekitar pukul 05.51 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis, gempa berkekuatan M4,2 berpusat di 28 kilometer barat daya Kabupaten Brebes, pada kedalaman 5 kilometer. Guncangan lindu ini turut dirasakan hingga wilayah Kabupaten Kuningan dan Cirebon, Jawa Barat.

“Data sementara Pusdalops BNPB, per 11 Desember 2020, pukul 13.00 WIB, sebanyak 23 rumah rusak di wilayah Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Kategori rusak sedang 4 unit dan rusak ringan 19. Rumah mengalami kerusakan meskipun kekuatan guncangan pada skala II MMI. Sedangkan kerusakan lain, BPBD Kabupaten Kuningan mencatat 2 unit fasilitas umum,” sebut Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam siaran persnya, Jumat siang.

Baca Berita Gempa Bumi Di Sini

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan telah menurunkan tim kaji cepat untuk mengidentifikasi dampak di lapangan. BPBD setempat juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait pascagempa.

“Gempa tadi pagi dirasakan di beberapa wilayah selama 20 detik, khususnya di Kabupaten Kuningan. Di samping itu, BPBD Kuningan mengimbau masyarakat setempat untuk tidak panik dan tidak terpancing oleh isu yang tidak jelas sumber informasinya,” kata Raditya.

BPBD Kabupaten Brebes melaporkan guncangan gempa dirasakan lemah oleh masyarakat. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa di wilayahnya.

Baca Berita:

Hari Ini Brebes Diguncang Gempa Darat 4,2 Magnitudo

Doni Monardo Tegur Pejabat Daerah di Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020