Masih Abai Protokol Kesehatan, Kasus Positif Covid 19 di Karo Naik

oleh -456 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana saat meninjau aktivitas warga pasar Kabanjahe. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mulai meninggi. Sementara itu, masyarakat dinilai masih abai dalam menerapkan protokol kesehatan di antaranya menggunakan masker di tempat keramaian.

Hal ini ditemukan langsung Bupati Karo Terkelin Brahmana, Selasa 7 Juli 2020.

Usai mengikuti Apel Pasukan Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Lapangan Samura, Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Inf Taufik Rizal Batubara, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Kajari Karo Denny Achmad, Dansub Denpom I/2-1 Kapten CPM  Dwi Darsono, Plh Ketua GTPP Covid-19  Martin Sitepu, Kadis Kesehatan Irna Safrina Meliala, Kadis Koperindag Edison Karo-karo, Kasat Pol-PP Hendrik Philemon Tarigan, meninjau kondisi penerapan protokol kesehatan di tempat keramaian, di antaranya Pusat Pasar Kota Kabanjahe.

Dalam peninjauan itu, didapati masih banyak warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan saat berada di keramaian, seperti tidak memakai masker.

Baca Berita: 

Pemkab Karo Gelar Pasukan Protokol Disiplin Kesehatan Cegah Covid-19

Diduga Cemburu, Suami Bunuh Istri Dengan Gagang Cangkul

“Saat kita pantau, masih banyak ditemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker saat berbelanja,” ujar Terkelin.

Kepada warga yang didapati tidak memakai masker, Terkelin mengaku, ditegur dan diberikan masker.

“Kita imbau dan kita tegur. Kita berikan untuk dipakai. Kedepan masyarakat diminta saat keluar rumah diwajibkan menggunakan masker,” tegasnya.

Data Covid-19 di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. [Sumber covid19.karokab.go.id]
Terkelin mengakui kasus positif Covid-19 di Kabupaten Karo yang merupakan zona merah, mulai naik. Guna menekan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Karo, masyarakat diminta mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, sebut Terkelin, Pemerintah Kabupaten Karo menggelar operasi disiplin protokol kesehatan.

“Situasi sekarang ini, kasus positif di Kabupaten Karo perlahan naik. Untuk itu, dengan adanya tim operasi ini, dua minggu kedepan kita harapkan ada penurunan (kasus), minimal tidak ada lagi kenaikan grafik,” katanya.

Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara mengungkapkan, dalam dua pekan ke depan akan digelar operasi pendisiplinan protokol kesehatan di Kabupaten Karo.

“Dalam dua minggu kedepan kita akan kerahkan personel gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Dinas Kesehatan dan Satpol-PP untuk menjaga titik-titik keramaian seperti terminal, pajak (pasar), lokasi objek wisata yang dianggap rawan kerumunan. Antisipasi untuk mencegah dan mendisplinkan mematuhi protokol kesehtan,” ujarnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *