Terapkan SIPD, Dirjen Bina Keuangan Kemendagri Puji Duet Kepemimpinan Terkelin dan Cory

oleh -85 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang mengenakan uis bekah buluh kepada Dirjen Bina Keuangan Daerah-Kemendagri, Mochamad Ardian Noervianto, Jumat 26 Maret 2021, di Gedung Ditjen Bina Keuangan Daerah, Jakarta Pusat. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Mochamad Ardian Noervianto, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah-Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi kepemimpinan Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang yang mendorong dan menerapkan sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) berbasis online di Pemerintahan Daerah Kabupaten Karo.

Pemkab Karo merupakan pemerintah daerah di Provinsi Sumatera Utara yang pertama menerapkan sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) secara daring.

“Keberanian dan kebijakan SIPD itu, sekali lagi saya puji dan apresiasi. Sebab Ini akan menjadi referensi bagi regional Sumut khususnya,”ungkap Dirjen Bina Keuangan Daerah-Kemendagri, Mochamad Ardian Noervianto, saat bertemu dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, di ruang kerjanya Gedung Direktorat Bina Keuangan Daerah, Kemendagri, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Jumat 26 Maret 2021.

Mochamad Ardian Noervianto mengatakan, langkah Bupati Karo-Wakil Bupati Karo dalam penerapan SPID menekan dan mengurangi angka korupsi dilingkup Pemda Karo, Sumatera Utara.

Hal ini, Ardian menurut, pasti tidak disukai oleh koruptor dan akan merasa gerah karena semakin sulit mencuri uang rakyat.

Sebab dengan SIPD, publik akan gampang memantau dan mengevaluasi.

Baca Juga:

Gunung Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 1.300 Meter

Sayembara Menulis Sedunia, Jalur Rempah & Sejarah Kemaritiman Dunia

“Apalagi subjek to audit keuntungannya, daerah memberlakukan SIPD. Begitu APBD disahkan oleh DPRD Karo, maka seketika tayang di publik secara langsung. Kegunaan anggaran belanja di Karo apa saja akan tertera. Nah, hal ini menunjukkan ke publik bahwa semua dasar yang terpampang muncul di SIPD berasal dari PAD yang disetor oleh masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, kata Ardian, manfaat SIPD menjaga birokrat menjadi lebih tertib, lancar dan akuntabilitas.

“Untuk itu kita action saja sambil mempraktikkan penggunan SIPD lewat virtual, memandu dan mengajari tim teknis dari BPKPAD terkait tata cara pengoperasian pengiriman gaji ASN lingkup Pemda Karo,” jelas Ardian.

“Harapan saya, kerja sama SIPD ini ke depannya mudah-mudahan ibu Cory Sriwaty Sebayang (Bupati terpilih) meng-estafet apa yang telah dilakukan Bupati Karo sekarang ini. Minimal seluruh gaji ASN di Pemkab Karo telah ter-update di SIPD,” pungkasnya.

Bupati Terkelin mengucapkan terima kasih atas kesediaan Dirjen Bina Keuangan Daerah-Kemendagri,  Mochamad Ardian Noervianto, telah meluangkan waktu dan pikiran sejak awal memberikan motivasi, edukasi dan saran masukan terkait SIPD sehingga pihak Pemkab Karo tertarik.

“Di mana ketertarikan berbasis online SIPD ini, lantaran kami ingin sistem informasi dapat berjalan secara online memudahkan penggunanya untuk mengakses data di mana saja dan kapan saja. Dan sistem informasi yang dibangun tersebut menunjukkan kepada publik sebuah gambaran kinerja Pemda Karo. Sebab dapat diakses baik anggaran APBD dan lainnya. Dalam hal ini tidak ada lagi yang tertutup. Ini sudah zaman era digital,” kata Terkelin Brahmana.

Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang dihadapan Dirjen Keuangan Bina Daerah-Kemendagri, Mochamad Ardian Noervianto, berjanji akan mendukung dan melanjutkan kerja sama SIPD.

Direktur Pemasaran PT Bank Sumut Hadi sucipto menyatakan, Pemkab Karo merupakan trigger di Provinsi Sumatera Utara, menjadi pemerintah daerah kabupaten pertama menerapkan SIPD.

“Kabupaten Karo pertama menerapka SIPD di wilayah Sumut. Jadi patut kami dukung penuh sebagai bank daerah pemerintah,”pungkasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Karo Kamperas Terkelin Purba melalui Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKPAD) Karo, Andreasta Tarigan menjelaskan, ke depan SIPD akan diuji-coba mulai April 2021, khusus di BPKPAD.

“Setelah berhasil, maka di bulan Mei 2021 seluruh gaji ASN yang berjumlah 6.000 ribu (ASN) di Karo akan dilakukan melalui SIPD,” pungkasnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *