Soal Jalan Karo-Deli Serdang, Gubsu Akan Fasilitasi ke Menteri LHK

oleh -100 Kali Dibaca
Gubsu Edy Rahmayadi, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan membahas pembangunan jalan yang menghubungkan Karo-Deli Serdang. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Kelanjutan pembangunan akses jalan Desa Serdang, Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo, ke  Desa Serdang dan Desa Rumah Liang, Kecamatan STM Hilir di Kabupaten Deli Serdang, tinggal selangkah lagi.

Hal ini mengemuka dalam pertemuan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting.

Gubsu Edy Rahmayadi menegaskan menyetujui pembangunan akses jalan penghubung kedua kabupaten tersebut. Edy pun menyatakan bersedia memfasilitasi ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), guna memperoleh izin pembangunan jalan yang melalui kawasan hutan konservasi.

“Pada prinsip saya setuju, akses jalan Desa Barus Jahe- Desa Rumah Liang dapat terhubung terkoneksi. Apalagi tinggal sedikit lagi. Saya akan fasilitasi segera ke Menteri LHK sepanjang persyaratannya  semua sudah lengkap saya terima,” ungkap Edy Rahmayadi, Selasa 23 Februari 2021.

Baca : Perjuangkan Bangun Jalan Karo-Deli Serdang, Kedua Bupati Teken Kesepakatan

Dikatakannya, Kabupaten Karo dan Kabupaten Deli Serdang merupakan kabupaten yang sejak dulu memiliki historis.

“Jadi ini yang akan saya perjuangan ke LHK agar  izin pemanfaatan kawasan hutan konservasi diberikan. Kita upayakan melobi ke sana, terlebih  MoU (Memorandum of Understanding) ada dan sudah saya terima. Kesepakatan tersebut modal untuk berbicara dengan Menteri Siti Nurbaya,” kata Gubsu.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Rumah Dinas Gubsu itu, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mendukung kebijakan dan   langkah yang diputuskan  Gubsu  Edy Rahmayadi.

Baskami menyatakan, DPRD Sumut akan tetap mengawasi dan  melobi  secara politik.

“Tugas DPRD Sumut mengawal dan meng-golkan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” tegasnya.

Baca Juga:

Wabup Karo Pimpin Rakor Penanganan Covid-19 di Terminal Kabanjahe

Bosen Gowes di Perkotaan, Tiket.com Ajak Gowes di Borobudur

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengucapkan terima kasih kepada Gubsu Edy Rahmayadi sudah menyetujui dilanjutkannya pembangunan jalan dari DesacRumah Liang, Deli Serdang ke Desa Barus Jahe, Karo.

“Dengan hadirnya Pemprov Sumut, maka kami yakin dan berharap dalam waktu dekat ini pihak Kementerian sudah dapat memberikan izin pemakaian kawasan hutan. Sehingga pembukaan jalan, dapat dilanjutkan masing-masing pihak,” katanya.

Ashari mengapresiasi Bupati Karo yang telah berusaha sejak awal memperjuangkan pembukaan jalan tersebut.

“Masyarakat Deli Serdang mengapresiasi Bupati Karo yang telah berusaha sejak awal memperjuangkan ini. Ini pesan masyarakat saya,” kata Ashari.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyatakan sangat senang atas persetujuan Gubsu dan siap memfasilitasi ke Kementerian LHK.

“Ini sungguh kami apresiasi. Masyarakat Karo dan masyarakat Deli Serdang akan mengulangi masa lampau, semasa ada jalan eksisting,   pelanja sira, kala itu berbudaya saling kunjung  silaturahmi. Dengan terhubungnya akses jalan ini maka suatu kegembiraan bagi kedua masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, sebut Terkelin, dengan adanya akses jalan ini, dapat  memperpendek jarak tempuh dari Karo ke Bandara Kualananamu.

“Bahkan jalur ini dapat difungsikan sarana menuju kawasan pariwisatamenunjang KSPN Danau Toba. Untuk itu, doakan agar izin KLHK secepatnya kami terima bersama Bupati Deli Serdang,” pungkas Terkelin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *