Wisatawan Malaysia Dicegah Masuk Zona Merah Sinabung

oleh -1.332 Kali Dibaca
Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Penanganan Gunung Sinabung, Letkol Inf. Taufik Rizal Batubara, Selasa 4 September 2018, meninjau lokasi zona merah Gunung Sinabung, Desa Sukanalu, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Penanganan Gunung Sinabung, Dandim 0205/Tanah Karo, Letnan Kolonel Inf. Taufik Rizal Batubara kembali mengingatkan warga dan wisatawan agar menjauhi zona merah Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Pernyataan itu kembali disampaikan Letkol Inf. Taufik Rizal saat meninjau zona merah kawasan Gunung Sinabung, Selasa 4 September 2018, di Kecamatan Namanteran.

Dalam peninjauan itu, Letkol Inf. Taufik Rizal mendapati rombongan wisatawan Malaysia memasuki zona merah Gunung Sinabung, bermaksud berwisata di  Danau Lau Kawar, di kaki Gunung Sinabung, berada di Desa Sukanalu, Kecamatan Namanteran.

Baca Berita: Ungkap Peredaran Shabu, Kades Kubu Simbelang Terima Ancaman

Kepada rombongan wisatawan Malaysia, Dandim memberikan penjelasan agar mereka tidak memasuki kawasan danau, karena bagian dari zonasi berbahaya erupsi Gunung Sinabung, dan meminta para wisatawan meninggalkan kawasan tersebut.

“Kita melarang masyarakat memasuki kawasan danau ini, khususnya wisatawan. Jika mencoba-coba menerobos, akan ditindak tegas. Jadi kita kembali himbau, sayangi nyawa dan keluarga anda, jangan coba coba memasuki kawasan itu,” kata   Taufik Rizal.

Untuk mencegah kejadian serupa, Taufik akan menempatkan personil di kawasan Danau Lau Kawar untuk melakukan patroli.

“Status (Gunung Sinabung) belum ada perubahan, tetap masih level IV atau status awas,” kata Letkol Inf. Taufik Rizal.

Dalam tiga bulan terakhir Gunung Sinabung tidak erupsi. Namun, potensi untuk erupsi itu masih ada.

Letkol Inf. Taufik Rizal menyatakan kehadirannya di kawasan zona merah,  Desa Sukanalu, untuk memastikan tidak ada aktivitas masyarakat.

“Kita sekarang berada di Desa Sukanalu untuk memastikan aktivitas masyarakat di zona merah ini tidak ada,” tegas Letkol Inf. Taufik Rizal didampingi Camat Namanteran Dwikora Sitepu, Kasdim 0205/TK, dan jajarannya.

Taufik menyebutkan, penjelasan dari pos Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Sinabung masih Level IV (Awas).

Ketua Tim Tanggap Darurat Bencana, Iing Kusnadi mendukung imbauan Dansatgas Penanganan Gunung Sinabung.

“Mengingat memasuki musim hujan, dihimbau kepada masyarakat agar mewaspadai lahar dingin khususnya daerah Mardinding dan daerah Perbaji,” kata Kusnadi.  (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *